Pakai Masker Dengan Benar Bisa Putus Mata Rantai Penyebaran Corona

Penggunaan masker sangat penting dalam memutus rantai penyebaran virus corona. Masker berguna untuk mencegah droplet masuk ke dalam tubuh.
Seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis paru RS Siloam ASRI Jakarta, Dr. Maydie Esfandiari, Sp.P. Ketika seorang pasien dipastikan menderita batuk Covid-19 dan tidak menggunakan masker, droplet tersebut akan menyebabkan penularan ke orang lain.

Cara penularannya sendiri bisa melalui saluran udara ketika orang menghirup udara, melalui batuk atau bersin yang positif Covid-19. Tapi jangan sembarangan memakai masker. Karena jika kebetulan memakai masker, orang tetap bisa terkena virus ini.

BACA JUGA  Tiga Cara Mudah Totok Wajah Bisa Bikin Awet Muda

“Orang yang memakai masker secara tidak benar, di bawah hidung atau di dagu, dapat menyebabkan infeksi,” kata Dr. Bisa mati.
Atau bisa juga, lanjut dr. Maydie jatuh lagi dengan tetesan yang jatuh di permukaan benda yang kemudian disentuh atau dipegang dengan tangan. Tanpa disadari, tangan menggosok wajah atau mata agar virus masuk ke tubuh.

“Ini masuk ke mata dan hidung lalu masuk ke paru-paru melalui saluran pernapasan bagian atas,” kata Dr. Maydie yang telah mengingatkan kami untuk menerapkan protokol kesehatan kapan pun, di mana pun.

BACA JUGA  Ashanty Lanjutkan Isolasi Mandiri di Rumah Setelah Lewati Masa Kritis

Karena masker merupakan pelindung utama untuk mencegah penularan Covid-19, pemakaian masker harus dilakukan dengan cara yang benar. Sebelum memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau, jika tidak tersedia, gunakan pembersih tangan (minimal 60% alkohol).

Kenakan masker untuk menutupi mulut dan hidung Anda, pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker. Jangan menyentuh masker saat digunakan. Jika terjadi kontak, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik atau, jika tidak tersedia, pembersih tangan (setidaknya 60% alkohol).

BACA JUGA  Pengenalan Dan Cara Perawatan Tanaman Aglonema

Gantilah masker basah atau lembab dengan yang baru. Masker medis hanya boleh digunakan sekali. Masker kain bisa digunakan berulang kali.
Untuk melepas topeng: keluarkan dari belakang. Jangan menyentuh bagian depan topeng. Segera buang masker 1x ke tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Segera cuci masker kain dengan deterjen. (Sri Noviarni)

Leave a Comment