Layanan Yahoo Grup Akan Ditutup Desember 2020

Layanan milis Yahoo Group akan ditutup pada 15 Desember 2020. Pengumuman itu juga menandai akhir dari perjalanan layanan email grup yang hampir berusia 20 tahun.
Layanan ini sangat populer di masa awal tren internet. Namun, kehadiran grup Yahoo terus pudar seiring dengan kehadiran Reddit, grup Google, dan grup Facebook. Perusahaan populer ini perlahan-lahan mengambil alih basis pengguna Yahoo yang sangat besar.

Yahoo Group didirikan 19 tahun lalu pada tahun 2001 dan diakuisisi oleh Verizon pada tahun 2017. Verizon kemudian memutuskan untuk menutup Yahoo Group melalui email ke pengguna Yahoo Group dan melalui situs Yahoo.

BACA JUGA  Realme C17 Meluncur Dengan RAM Besar Harga Rp2 Jutaan

Verizon tidak pernah punya rencana untuk menghidupkan kembali layanan tersebut. Perusahaan berpendapat bahwa penutupan tersebut karena penurunan penggunaan yang stabil selama beberapa tahun terakhir.

Sedikit demi sedikit, Verizon mulai menutup grup Yahoo tahun lalu. Proses dua tahap pertama diumumkan pada Oktober 2019.

Pada titik ini, Verizon mengumumkan bahwa setelah 21 Oktober, pengguna tidak lagi dapat memposting konten baru (diskusi) di situs. Perusahaan berencana untuk menghapus secara permanen semua konten pengguna sebelumnya pada 14 Desember 2019.

BACA JUGA  Vivo IFEA, Konsep dengan Kamera Ponsel yang Bisa Lepas Pasang

Verizon juga secara misterius tidak mengizinkan pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka sebelumnya.
Meskipun langkah Verizon telah memungkinkan situs Grup Yahoo tetap aktif sejak 2019, mereka tidak pernah sama.

Pada titik ini, pengguna tidak dapat lagi menambahkan diskusi baru ke forum Yahoo. Namun, Anda tetap dapat membuat grup baru dan mengirim email massal dengan semua anggota secara bersamaan.
Dengan dua keputusannya, Verizon secara efektif mengalihkan Yahoo Grup dari forum diskusi ke email. Pengumuman penutupan terakhir dilakukan hari ini (13/10).

BACA JUGA  Poco X3 NFC Resmi Rilis Di Indonesia, Simak Spesifikasi Dan Harganya

Menurut ZDNet, pengguna Yahoo Grup bahkan tidak dapat membuat grup baru mulai hari ini. Hanya fungsi email yang tetap aktif.

Namun, email juga akan dihentikan setelah 15 Desember 2020 ketika Verizon berencana untuk menutup semua infrastruktur Yahoo Group. Penutupan grup Yahoo mengakhiri era bagi orang-orang yang telah menggunakan Internet sejak awal.

Penutupan PC Mag yang akan segera terjadi menutup satu bab dalam sejarah Internet. Untungnya, tahun lalu tim relawan bekerja untuk menyimpan banyak halaman di Yahoo Grup sebelum dihapus.
Seorang relawan bercerita kepada saya bahwa tujuannya adalah menyortir dan akhirnya mengunggah file yang telah disimpan di arsip internet.

BACA JUGA  Fitur Google Maps Bisa Deteksi Keramaian untuk Cegah Covid-19

Leave a Comment