Cara Mengelola Kartu Kredit Agar Tagihan Tidak Mencekik

Kartu kredit adalah salah satu bentuk kecanggihan finansial modern yang membuat transaksi lebih mudah bagi orang-orang. Tidak perlu uang tunai, cukup gesek kartunya dan barang incaran bisa dibawa pulang.

Kartu kredit tidak hanya mempermudah transaksi, kartu kredit biasanya juga menawarkan banyak diskon dan cashback untuk penggunaan apa pun.
Begitu banyak poin plus yang ditawarkan kartu kredit kepada penggunanya. Namun hati-hati, jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi bumerang dan mengacaukan keuangan Anda.

BACA JUGA  Update Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp3.000, Termurah Rp510.500

Perancang keuangan Eko Endarto mengatakan banyak orang memandang kartu kredit sebagai cara termudah untuk keluar dari hutang. Namun karena kemudahan ini, banyak orang menjadi kewalahan ketika harus membayar tagihan mereka.

“Kesalahan penggunaan kartu kredit biasanya dilakukan oleh kartu kredit pemula,” kata Eko.
Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan menggunakan kartu kredit agar tagihan Anda tidak membengkak. Pertama, kata dia, adalah memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

“Jadi jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai bentuk pembayaran, pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan pembelian cashback,” ujarnya.
Selain itu, Eko mengingatkan agar tidak memiliki terlalu banyak kartu kredit. Pasalnya, semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki, semakin tinggi biayanya.

BACA JUGA  Pendaftar Kartu Prakerja Sudah Lebih 20 Jt, Kuota Hanya 3,8 Jt Peserta

“Setiap kartu kredit biasanya ada biaya administrasi tahunan, denda keterlambatan, biaya cetak tagihan, dan lainnya,” ujarnya.
Lalu, tambahnya, sesuaikan juga limit kartu kredit berdasarkan penghasilan Anda. Secara umum, kartu kredit memiliki batasan dua hingga tiga kali lipat gaji Anda.

Misal, jika gajinya 4 juta rupiah maka bank memiliki limit 8 juta rupiah.Namun, bukan berarti harus memenuhi limit tersebut.Selalu gunakan kartu kredit dalam batas wajar dan pastikan tagihannya valid tidak lebih tinggi dari gaji bulanan Anda, “jelasnya.

BACA JUGA  BTN Berkomitmen Untuk Sukseskan Program Sejuta Rumah Pemerintah

Eko juga mengingatkan Anda untuk tidak sering-sering menarik uang tunai dengan kartu kredit. Karena hal ini secara tidak sengaja dapat mengakibatkan peningkatan tunggakan pinjaman.
Kartu kredit memiliki fitur tarik tunai. Fitur ini memungkinkan penarikan tunai dari ATM seperti kredit kilat. Di balik kemudahan tarik tunai itu ada tingkat bunga sekitar 2,5%. Apalagi jika tidak dibayarkan tepat waktu maka bunga yang dibayarkan akan terus meningkat” , ujarnya.

Leave a Comment