Menkes Ungkap Kelompok Prioritas Penerima Vaksin COVID-19 Gratis

Pemerintah Indonesia mengumumkan akan memulai vaksinasi COVID-19 pada November. Dikatakan, dalam waktu dekat akan ada tiga kandidat vaksin, yakni Cansino, Sinovac dan G42 atau Sinophram.
Di situs resmi maritim.go.id, Menkes Terawan, jika tersedia vaksin, akan memprioritaskan vaksin Corona COVID-19 pada kelompok tenaga kesehatan, layanan masyarakat, TNI atau Polri dan seluruh tenaga pendidik.

Menteri Kesehatan Terawan juga menegaskan bahwa pemerintah garis depan dan mereka yang tidak mampu secara ekonomi dibayar untuk vaksin, termasuk masyarakat peserta BPJS penerima iuran kesehatan.

BACA JUGA  Prediksi, Vaksin Covid-19 Akan Tersedia untuk Seluruh Dunia pada 2023

“Yang di garis depan yang merupakan peserta penerima bantuan alias PBI di BPJS Kesehatan ditanggung oleh pemerintah melalui biaya vaksin,” ujar Menteri Kesehatan Terawan.
Sebagai bagian dari transparansi dan akuntabilitas, dalam waktu dekat Bio Farma akan diminta menginformasikan kepada masyarakat tentang biaya pembelian vaksin dari semua mitra.

Saat ini Kementerian Kesehatan telah menyiapkan program vaksinasi COVID-19 dan sedang mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan di Indonesia. Simulasi akan segera dilakukan di beberapa puskesmas.

BACA JUGA  Anjuran Test Kesehatan Bagi Pasangan Yang Ingin Menikah

Leave a Comment