Amerika Kecewa Korut Pamerkan Rudal Antarbenua Terbaru Saat Parade

Seorang pejabat AS menyatakan kekecewaannya setelah KorUt (Korea Utara) meluncurkan ICBM terbarunya pada parade militer di Pyongyang akhir pekan lalu. Diketahui bahwa pembicaraan denuklirisasi antara AS dan Korea Utara sejauh ini terhenti.

Seperti dilansir AFP pada Senin (12/10/2020), rudal ICBM terbaru dihadirkan pada Sabtu malam (10 Oktober) waktu setempat pada parade militer di jalan-jalan ibu kota Pyongyang – Korut jarang menggelar parade pada malam hari. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menyaksikan pawai tersebut.

BACA JUGA  Joe Biden Dinyatakan Negatif Covid-19 Setelah Kembali Jalani Tes

“Sangat mengecewakan melihat DPRK (Korea Utara) terus memprioritaskan program rudal balistik dan nuklir yang dilarang,” kata seorang pejabat AS yang menolak disebutkan namanya.

“Amerika Serikat tetap dipandu oleh visi Presiden (Donald) Trump dan Ketua Kim yang ditetapkan di Singapura (2018) dan menyerukan kepada DPRK untuk memasuki negosiasi yang sedang berlangsung dan substantif untuk mencapai denuklirisasi penuh,” katanya. .

Menurut analis, rudal yang dipamerkan oleh Korea Utara adalah rudal bergerak bahan bakar cair terbesar di dunia. Juga diyakini bahwa rudal itu kemungkinan besar dirancang untuk membawa banyak hulu ledak dalam kendaraan re-entry (MIRV).

BACA JUGA  Sudan Dan Oman Normalisasi Hubungan Dengan Israel Usai Pilpres AS

Menurut analis, ICBM adalah bukti bahwa Korea Utara mengembangkan persenjataannya selama proses diplomatik dan dapat memberi bobot lebih pada Korea Utara untuk menuntut kembali ke meja perundingan.

Rudal ICBM – kemungkinan replika – dibawa oleh peluncur yang sangat besar yang dikenal sebagai peluncur erector transporter 11-sumbu. Peluncur ini jauh lebih besar dari peluncur 8 sumbu China yang digunakan Korea Utara sebelumnya.

Pembicaraan nuklir Trump dan Kim Jong-Un telah terhenti sejak runtuhnya pertemuan puncak awal tahun lalu tentang masalah sanksi dan apa yang seharusnya dilakukan Korea Utara.

BACA JUGA  AS Dibayangi Ancaman Infeksi Ganda Flu dan Covid-19 Di Musim Gugur

Leave a Comment