Google Telah Hapus 240 Aplikasi Jahat Di Play Store

Google menghapus lebih dari 240 aplikasi dari Play Store untuk menayangkan iklan non-kontekstual yang melanggar pedoman Google.
Ratusan aplikasi yang terhapus bahkan diunduh oleh pengguna smartphone Android, termasuk di Indonesia.

Iklan di luar konteks adalah jenis iklan yang muncul di luar aplikasi atau saat pengguna tidak membuka aplikasi. Jenis iklan ini dapat ditampilkan sebagai pop-up hingga memenuhi seluruh layar pengguna.

Iklan di luar konteks telah dilarang di Play Store sejak Februari tahun ini. Setidaknya 600 aplikasi Google telah diblokir sejak peraturan tersebut diberlakukan.
Terlepas dari apa yang dilakukan Google, aplikasi lain terus ditemukan yang menayangkan iklan di luar konteks.

BACA JUGA  Spesifikasi Samsung Galaxy A52, A52 5G, A72 Yang Baru Dirilis

Penemuan terbaru datang dari perusahaan pendeteksi penipuan iklan White Ops. Dalam sebuah posting blog, perusahaan mengatakan telah menemukan cluster baru dari 240 aplikasi Android yang membombardir penggunanya dengan iklan non-kontekstual.

White Ops menamai grup RainbowMix dan mengatakan bahwa mereka melihat tanda-tanda aktivitas pertama pada awal April tahun ini.
Sebagian besar aplikasi yang terdeteksi terkait dengan game, klon aplikasi resmi, dan bahkan berisi komponen berbahaya bernama “com.timuz.a” yang bertanggung jawab untuk menampilkan iklan yang menyesatkan di luar konteks.

BACA JUGA  Simak Spesifikasi Dan Harga Pixel 4a 5G Lebih Menarik dari Pixel 5

White Ops melaporkan pada Sabtu (10/10/2020) dari ZDnet bahwa 240 aplikasi telah mengumpulkan lebih dari 14 juta unduhan tahun ini saja.
Keseluruhan operasi ilegal mencapai puncaknya pada bulan Agustus ketika menghasilkan lebih dari 15 juta tayangan iklan per hari.

Menurut White Ops Telemetry, sebagian besar aplikasi dipasang oleh pengguna di seluruh Amerika dan Asia. Negara utama adalah:

20,8% – Brasil
19,7% – Indonesia
11,0% – Vietnam
7,7% – AS
6,2% – Meksiko
5,9% – Filipina

BACA JUGA  25 Ribu Unit Xiaomi Redmi 9C Terjual Dalam Hitungan Menit

Leave a Comment