Karena Asas Keadilan dan Kesetaraan, BTS Harus Ikut Wajib Militer

Baru-baru ini, masalah penerimaan BTS dalam pengecualian terkait dengan utilitas militer telah diperdebatkan dengan hangat. Pembebasan wajib militer mengacu pada kontribusi BTS sebagai grup pria Korea yang telah mencapai kesuksesan besar secara internasional.

Ini akan dinilai jika BTS membawa manfaat ekonomi dan budaya ke Korea Selatan. Sehingga mereka punya alasan untuk tidak masuk wajib militer.

Namun akhirnya muncul kabar kepastian soal wajib militer BTS ini. Seperti dilansir Koreaboo pada hari Jumat (9 Oktober 2020), terdapat pengumuman resmi dari Military Manpower Administration (MMA) bahwa mereka tidak siap untuk mendukung pembebasan wajib militer BTS. Keputusan ini diambil atas dasar prinsip keadilan dan kesetaraan.

BACA JUGA  BTS Sukses Untuk Pertama Kali Tembus Nominasi Grammy Awards 2021

Karena pengecualian sebelumnya dari tugas dan hukum umum, pengecualian dari dinas militer ini berlaku untuk kasus-kasus khusus. Adapun atlet berprestasi dan musisi klasik terkenal. Sebut saja pesepakbola dunia asal Korea Son Heung Min yang menyumbangkan medali emas untuk Korea Selatan di Asian Games 2018.

Terlepas dari perdebatan tersebut, MMA akhirnya mengambil langkah tegas dalam mencegah idola K-pop mendapatkan pengecualian. Menurut MMA, penyanyi K-pop tidak berhak mendapatkan pengecualian untuk tidak mengikuti wajib militer karena hal itu tidak sejalan dengan sikap dasar pemerintah terhadap dinas militer.

BACA JUGA  Proses Syuting Falcon and Winter Soldier Kembali Dilanjutkan

Leave a Comment