Peluang Bisnis Berikut Ini Mampu Bertahan Saat Resesi

Kelima peluang bisnis ini diyakini mampu bertahan di tengah masa resesi, apalagi ancaman resesi semakin nyata. Resesi merupakan kondisi yang mengindikasikan kerapuhan fondasi ekonomi dan berdampak sangat besar bagi masyarakat. Salah satunya adalah hancurnya sektor korporasi, yang membuat banyak orang mengerang kesusahan.

Selain itu, siklus downtrend bisa saja memasuki titik ini seiring dengan pertumbuhan prospek ekonomi global ke jurang ketidakpastian. Apalagi dengan wabah Covid-19, yang semakin menambah tekanan.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Bidang Dagang Benny Soetrisno mengatakan krisis yang menyisakan ketidakpastian membuat para pengusaha atau pelaku bisnis lain beralih ke jenis usaha yang berbeda.

BACA JUGA  Buruan! Pengajuan BLT UMKM 2021 Dibuka Hingga 30 April 2021

“Sepertinya semua orang harus mulai menjajaki peluang bisnis di pasar,” kata Soetrisno saat dihubungi di Jakarta.
Jadi bisnis mana yang tahan resesi? Berikut ringkasannya:

1. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner kini dipandang sebagai peluang bisnis tahan krisis. Pasalnya, tidak lebih dari itu masyarakat membutuhkan ketersediaan makanan dan minuman dalam segala kondisi.
Dengan modal yang relatif sedikit dan jumlah pegawai yang tidak terlalu banyak, sektor kuliner memiliki arus kas perputaran yang relatif cepat. Namun perlu diketahui bahwa selama krisis besar dan perputaran uang yang tinggi, bisnis kuliner bisa macet dalam waktu singkat.

BACA JUGA  Menteri Keuangan Nyatakan Kesiapannya Hadapi Resesi Ekonomi

2. Warung sembako

Memiliki toko grosir atau toko grosir tidak bisa diremehkan. Siapa sangka bisnis ini adalah salah satu usaha yang paling kebal terhadap krisis. Bagaimana tidak, dalam keadaan apapun dan dalam keadaan apapun masyarakat harus memenuhi kebutuhan dasarnya, terutama mengenai makanan pokok seperti nasi, minyak, lauk pauk dan lain sebagainya.

3. Buka toko emas

Berdagang emas atau menjual simpanan emas Anda memang merupakan salah satu peluang bisnis anti krisis. Alih-alih terkena imbas perekonomian seperti melemahnya nilai tukar rupiah, harga emas justru akan naik dengan cepat dan membawa keuntungan besar bagi Anda.

BACA JUGA  Cara Mengelola Kartu Kredit Agar Tagihan Tidak Mencekik

4. Layanan pembayaran online

Layanan berbasis teknologi digital dianggap dapat bertahan bahkan dalam kondisi krisis. Bahkan, layanan online disebut-sebut dapat menyelesaikan masalah ketika orang dibatasi ruangnya akibat PSBB. Transaksi berbasis online dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dan menawarkan berbagai keuntungan. Namun hal ini tentu saja tergantung dari banyaknya transaksi yang dilakukan.

5. Bisnis kesehatan

Terlepas dari situasinya, masyarakat tetap memiliki pelayanan kesehatan sebagai kebutuhan primer. Apalagi di tengah pandemi seperti itu dimana tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam menjamin kesehatan masyarakat. Hal tersebut menjadikan suatu produk atau perusahaan di bidang kesehatan menjadi produk yang dapat bertahan dan harus diperhatikan.

BACA JUGA  Saran REI Kpd Pemerintah Mudahkan Masyarakat Untuk Punya Rumah

Leave a Comment