Tingkatkan Imunitas Cegah Virus Corona Dengan Istirahat Yang Cukup

Penerapan protokol kesehatan, makan makanan seimbang, dan olahraga semuanya harus ditegakkan untuk mencegah penularan virus corona. Namun jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup demi menjaga kekebalan tubuh.

Hal ini didukung oleh penelitian yang menemukan bahwa tidur merupakan salah satu upaya terbaik untuk mencegah penyakit. Sebaliknya, kurang tidur bisa meningkatkan risiko terserang penyakit seperti flu.

Nathaniel Watson, ahli saraf dan spesialis tidur di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, menjelaskan bahwa kurang istirahat dapat menghentikan proses genetik tertentu di dalam sel. Ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh, yang bertanggung jawab melawan infeksi dan penyakit.

BACA JUGA  Manfaat Herbal Jahe Untuk Kesehatan Dimasa Pandemi

Sebut saja flu untuk penyakit kronis. “Sistem kekebalan (imunitas) tidak bekerja sebagaimana mestinya saat tidur berkurang,” kata Watson, dikutip laman Huffingtonpost.

Mengatasi stres juga sangat penting agar tidur tidak terganggu. Karena saat stres meningkat maka berpengaruh pada pola tidur. “Akibatnya akan meningkatkan tekanan kerja, kekhawatiran finansial, dan pandemi stres, dan penyebab stres lainnya pada akhirnya akan menurunkan kualitas tidur,” kata Annie Miller, psikoterapis dan spesialis tidur.

“Cara terbaik untuk menghilangkan stres atau menghadapi situasi stres adalah dengan istirahat yang cukup,” kata Max Kerr, DDS, dokter tidur D-ABDSM Sleep Better Austin di Texas, AS. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Misalnya dengan latihan sambil menghirup udara segar. Ini bisa membantu menenangkan dan menangkal kelelahan.

BACA JUGA  Krim Alami Jeruk Nipis Untuk Cegah Jerawat Dan Kulit Kusam

Vitamin D dari matahari membantu mengatur ritme harian untuk mencapai waktu tidur yang teratur. Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun, yang diulangi kira-kira setiap 24 jam. Usahakan konsisten dengan waktu tidur setiap malam. Tubuh akan menyesuaikan tidur dengan waktu yang sudah menjadi kebiasaan. Tubuh akan mulai terasa mengantuk sesaat sebelum tidur.

Kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur, seperti mandi air hangat atau membaca, akan membantu Anda tidur nyenyak. Ciptakan suasana yang menyenangkan di dalam kamar untuk bersiap-siap tidur. Kami menganjurkan agar Anda tidak meletakkan TV di kamar atau memainkan perangkat di dekat waktu tidur. Tidak perlu memeriksa kapan Anda bangun dan kemudian menghitung berapa lama yang tersisa di pagi hari. Itu hanya membuatmu gugup.

BACA JUGA  Penyakit Katarak Bisa Dicegah Dengan Cara Berikut

Leave a Comment