Meraih Untung Dimasa Pandemi Dengan Hobi Tanaman Hias

Beberapa tanaman hias memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan peluang usaha. Anda tidak membutuhkan taman yang besar, menanam tanaman tertentu di rumah bisa menghasilkan banyak uang.

Seperti yang dicatat oleh seorang pedagang tanaman hias bernama Surani, Anda tidak harus memiliki gelar Sarjana Pertanian untuk menanam atau membudidayakan tanaman. Di zaman sekarang ini, katanya, siapa pun dapat dengan mudah memulai bisnis berkebun hanya dengan mencari informasi di Internet.

BACA JUGA  Cara Merawat Tanaman Alocasia Yang Sedang Tren

“Kalau mau menjalankan usaha tanam hias seperti kami, tinggal cari di internet. Atau bisa baca buku atau belajar bersama petani agar bisa menanam dengan baik saat pertama kali mulai berkebun,” kata Surani.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa untuk berkebun dan menghasilkan uang dengan tanaman yang dirawat dengan baik, seseorang harus mengenali spesies yang sangat dicintai. Seperti saat ini, kata dia, para ibu sangat tertarik dengan tanaman hias tertentu.

“Cari dulu informasi tentang tanaman mana yang bisa menghasilkan uang. Seperti tanaman herba, ini bisa menjadi pilihan untuk tumbuh, meski ukuran pohonnya kecil dan buahnya sering dipandang sebelah mata,” ujarnya.

BACA JUGA  Mengulik Asal Usul Nama Tanaman Janda Bolong dan Lidah Mertua

Selain itu, tanaman mawar yang tumbuh di daerah tropis bisa berbunga sepanjang tahun. Menurutnya tanaman rambat yang tingginya bisa mencapai 2-5 meter ini juga memiliki peminat yang cukup banyak. “Karena mawar paling laris, mawar tumbuh bisa untung lho,” ucapnya.

Surani juga menyebut janda bolong atau Monstera adansoni variegata yang harganya saat ini sedang meroket. Beberapa di antaranya disebut tanaman sultan karena konon harganya bisa mencapai sepuluh juta rupiah. “Jadi sangat beruntung bisa ada puluhan juta jika ada pembeli yang benar-benar ingin bernegosiasi,” ujarnya.

BACA JUGA  Terkena Damapk Corona Pizza Expres Akan PHK 1000 Karyawan

Ia berpesan bagi mereka yang ingin terjun ke bisnis tanaman hias agar juga melihat tren di media sosial. Setelah harga tanaman hias menjadi trend di kalangan elite bisa berlipat ganda. Ini karena viral di media sosial dan banyak ibu milenial yang mencarinya karena suka tren, katanya.

Leave a Comment