Fakta Jelang MotoGP Prancis, Bagaimana Kans Pebalap Tuan Rumah

MotoGP Prancis akan kembali digelar akhir pekan ini. Sebagai seri kesembilan dalam kalender musim ini, MotoGP Prancis 2020 akan berlangsung pada Minggu, 11 Oktober 2020, di Sirkuit Le Mans, WIB.

Balapan ini akan menjadi seri kandang bagi pebalap Petronas Yamaha SRT Team yaitu Fabio Quartararo, dan juga untuk Reale Avintia Ducati yaitu Johann Zarco. Dengan kondisi seperti ini, menarik untuk melihat aksi kedua nama tersebut.

Selain itu, ada sejumlah fakta menarik dari MotoGP Prancis 2020. Kali ini kita akan membahasnya juga. Seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (10/8/2020), berikut lima fakta menarik dari MotoGP Prancis.

BACA JUGA  Sabuk Juara Yang Ditinggal Khabib Bisa Diperebutkan Oleh Siapa Saja?

5. Pemenang terakhir

Fakta pertama menyangkut sosok pembalap yang terakhir kali menjuarai MotoGP Prancis. Dia adalah Marc Marquez, yang merupakan pemenang terakhir di MotoGP Prancis. Tepatnya, hal itu diraih oleh Marquez pada balapan musim lalu.

Marquez terlihat sangat rapi saat itu. Menghadapi persaingan ketat dari sejumlah pembalap, terutama Andrea Dovizioso, ia bertahan dengan baik hingga keluar sebagai pemenang. Waktu Marquez sendiri saat itu unggul 1,9 detik dari Dovizioso yang akhirnya naik podium kedua.

BACA JUGA  Jadwal Siaran Langsung Semifinal Liga Champions PSG vs Man City

4. Kutukan bagi pebalap tuan rumah

Fakta menarik lainnya adalah kutukan tuan rumah di MotoGP Prancis. Nama-nama pembalap Prancis seperti Johann Zarco dan juga Fabio Quartararo tidak pernah mendapatkan hasil bagus di GP kandangnya.

Zarco berhasil naik podium kedua di MotoGP Prancis 2017, namun sisanya tidak pernah menang. Musim lalu dia hanya finis di urutan ke-13. Kondisi yang sama dialami Quartararo. Musim lalu dia hanya mampu menempati posisi kedelapan.

3. Sering Ganti Sirkuit

BACA JUGA  Comeback Sempurna Lazio Di Penyisihan Grup Liga Champions 2020

Diketahui juga bahwa balapan di MotoGP Prancis seringkali harus diadakan di trek yang berbeda. Diketahui, sirkuit Le Mans baru menjadi tuan rumah balapan MotoGP Prancis sejak tahun 2000 silam.
Sebelumnya, balapan MotoGP Prancis berlangsung di dua trek berbeda, yakni Paul Ricard dan Magny-Cours. Penyelenggara hanya menggelar balapan reguler di Sirkuit Le Mans sejak tahun 2000 silam.

2. Dominasi Honda

Terkait pemenang, nama pebalap Honda di balapan MotoGP Prancis harus diperhitungkan. Karena Honda adalah tim yang paling banyak menang di Sirkuit Le Mans. Pabrikan asal Jepang itu total menang sembilan kali di Prancis.

BACA JUGA  Jadwal MotoGP Emilia Romagna Misano World Circuit Marco Simoncelli

Kemenangan Honda diraih pada 2002, 2003, 2004, 2006, 2011, 2013, 2014, 2018 dan 2019. Valentino Rossi adalah orang pertama yang berkontribusi pada kemenangan Honda di MotoGP Prancis. Namun musim ini Honda sepertinya tidak bisa melanjutkan catatan manisnya karena tidak ada pembalap andalannya yaitu Marc Marquez.

1. PAling sering menang

Fakta menarik terakhir membahas siapa pembalap yang paling banyak menang di MotoGP Prancis. Bukan Valentino Rossi atau Marc Marquez, pembalap yang menjadi juara paling banyak di GP kali ini adalah Jorge Lorenzo.

BACA JUGA  Jadwal Liga Champions: PSG Vs Barca dan Liverpool Vs RB Leipzig

X-Fuera – julukan Lorenzo – sudah menjuarai lima MotoGP Prancis. Hal tersebut diraih Lorenzo pada 2009, 2010, 2012, 2015 dan 2016. Sayangnya, kini Lorenzo tidak ikut serta karena memutuskan pensiun pada 2019.

Leave a Comment