Mulai Bulan Depan Guru Honorer Dapat BLT 600 Ribu Dari Pemerintah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan penyaluran subsidi gaji / upah (BSU) untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non-PNS akan dimulai pada November 2020.
Bantuan itu disalurkan kepada 1,9 juta PTK, termasuk guru honorer yang belum mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

“Mudah-mudahan November sudah bisa lunasi PTK,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nunuk Suryani, dalam pesan singkatnya, Rabu (7/10). 2020).

BACA JUGA  Segera Cek, Pemerintah Telah Salurkan BLT Subsidi Gaji Guru Honorer

Dikatakannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama BPJS Ketenagakerjaan baru saja menyelesaikan pendataan. Pendataan dilakukan untuk mengetahui apakah PTK tidak termasuk dalam program subsidi upah Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) karena bukan merupakan anggota BPJS Ketenagakerjaan.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberi BSU 1,9 juta PTK yang belum mendapat BSU dari BPJS. Tahapan pendataan bersama dengan BPJS baru selesai,” imbuhnya.

Deputi Bidang Koordinasi Industri Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing UKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahudin menjelaskan pada kesempatan sebelumnya BSU ini akan diberikan kepada guru honorer yang tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

BACA JUGA  Harga Minyak Dunia Mulai Naik Dampak Dari Pemulihan Ekonomi AS

“Seharusnya begini (persyaratan ini tidak berlaku untuk guru honorer). Jadi ada pengecualian,” ujarnya saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Leave a Comment