Persyaratan Dan Ketentuan Dapatkan Bantuan UMKM Dari Kemenkop

Kementerian Koperasi dan UKM secara resmi telah memperluas pemberian BLT kepada UMKM melalui Bantuan Presiden Produktif (Banpres) kepada Usaha Mikro (BPUM) Rp 2,4 juta per penerima menjadi 3 juta orang pada Desember 2020.

Rencana pencairan dana akan dimulai pekan ini. “(BLT UMKM) nanti sampai Desember,” kata Wakil Menteri Keuangan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman, Rabu (7/10).
Penyediaan BLT untuk UMKM semakin meluas karena tahap pembayaran awal sudah mencapai hampir 100 persen untuk 9,16 juta penerima. Selain itu, permintaan BLT UMKM terus meningkat.

BACA JUGA  Bantuan Pemerintah Berlanjut Hingga 2021, Dari BLT sampai Sembako

Persyaratan apa yang harus dipenuhi untuk mendapatkan BLT UMKM?

Pertama, calon penerimanya adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua, dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Ketiga, memiliki usaha mikro. Keempat, mereka saat ini tidak menerima pinjaman atau program pendanaan dari pihak lain seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kelima, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI atau Polri. Keenam, menyertakan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang KYP-nya berbeda dengan alamat tempat usahanya.

BACA JUGA  Peluang Usaha Tanpa Modal Besar Ala Sandiaga Uno

“Peringatannya, usaha mikro tidak pernah mengajukan pinjaman ke bank. Premisnya, mudah dilakukan jika tinggal di luar kediaman KTP,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Bahkan, Teten memastikan BLT UMKM juga bisa digunakan para seller online atau berjejaring yang memiliki perusahaan di media sosial dan akun e-commerce.

Setelah persyaratan tersebut terpenuhi, pelaku UMKM dapat melakukan registrasi di Kantor Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kadiskop UKM) di wilayahnya masing-masing.
Selain mendaftar langsung, Anda juga bisa online dengan mengakses website resmi Kemenkop UKM.

BACA JUGA  Kabar Gembira! Bantuan Untuk UMKM Rp 2,4 Juta Akan Dilanjutkan Hingga Tahun 2021

Kemudian data tersebut diolah dan hasilnya diumumkan. Setelah itu dana dibayarkan.

Leave a Comment