Masjidil Haram Gunakan Robot Canggih Untuk Cegah Covid-19

Otoritas Arab Saudi berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, selama pandemi Covid-19, terutama sejak awal haji umrah.
Langkah terakhir adalah menggunakan robot untuk membersihkan Masjidil haram.

Presiden Dua Masjid Suci Syekh Abdul Rahman Al Sudais meluncurkan robot cerdas pada Selasa (10/6/2020) untuk mensterilkan interior Masjidil Haram.
Robot ini bekerja dengan sistem pemetaan dan lokalisasi simultan (SLAM) resolusi tinggi.

Syekh Sudais mengatakan robot presisi tinggi ini sangat membantu dalam mencegah penyebaran virus corona dan wabah penyakit lainnya.
Video pusat kendali keamanan Masjidil Haram, memantau jutaan jemaah haji

BACA JUGA  Calon Jamaah Haji Tahun 2021 Wajib Divaksin COVID-19

“Robot ini berfokus pada sterilisasi internal pada enam tingkat, yang meningkatkan kekuatan dan kesehatan lingkungan. Selain itu, bagian yang disterilkan dianalisis secara cerdas, misalnya dengan bantuan skenario jalur dan durasi secara independen satu sama lain, ”ujarnya, seperti dikutip Saudi Gazette, Rabu (7/10/2020).

Seperti namanya, robot ini bekerja sepenuhnya secara otonom. Anda juga dapat menavigasi secara mandiri di lingkungan yang asing. Mereka bergerak dengan sensor yang disesuaikan dengan peta Masjidil haram.

BACA JUGA  Tokyo Akan Tetap Gelar Olimpiade 2021 Meski Covid-19 Belum Mereda

Robot ini juga dilengkapi dengan fungsi peringatan dini melalui transmisi audio yang berfungsi dalam kondisi tertentu, saat daya baterai rendah.
Robot bekerja 5 sampai 8 jam tanpa campur tangan manusia dan mudah digunakan.

Selain itu, robot mampu menampung 23,8 liter disinfektan dan membutuhkan waktu 1 jam untuk menyemprot sekitar 2 liter. Keunggulan lainnya adalah robot ini dapat membasmi bakteri di area tertutup seluas 600 meter persegi dalam waktu yang bersamaan.

Leave a Comment