Joe Biden Menolak Debat Kedua Jika Trump Masih Positif Corona

Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan dia siap untuk menantang petahana Donald Trump dalam debat kedua pada 15 Oktober minggu depan.
“Saya tidak sabar untuk membantahnya, tapi saya hanya berharap semua protokol diikuti,” kata Biden kepada wartawan usai berpidato pada Selasa (6/10) di lokasi bekas medan perang perang saudara di Gettysburg. .

Biden mengutip AFP yang mengatakan dia enggan melanjutkan perdebatan seperti yang direncanakan jika Trump masih terinfeksi virus corona.
“Kalau dia masih mengidap Covid, jangan berdebat,” ucapnya.

BACA JUGA  Staf Positif Covid-19, Cawapres AS Kamala Harris Stop Kampanye

“Ini urusan yang sangat serius jadi saya akan membiarkan … menjadi pembimbing saya, apa yang dikatakan dokter benar.”
Sementara itu, Trump tidak memberikan kesan bahwa dia akan mundur dari perdebatan tentang kesehatannya. Dalam tweet di Twitter, Trump mengatakan dia menantikan debat berikutnya.

Debat antara dua calon presiden AS dijadwalkan pada 15 Oktober. Jumat lalu (2/10), namun baru dua hari setelah debat pembukaan pada Rabu (30/9).
Menurut pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S., orang yang dites positif terkena virus harus tinggal di rumah setidaknya selama sepuluh hari setelah gejala pertama kali muncul. Sementara itu, orang yang positif Covid-19 dengan penyakit serius mungkin perlu tinggal di rumah hingga 20 hari.

BACA JUGA  Vladimir Putin Jadi Nominator Penghargaan Nobel Perdamaian

Presiden Trump meninggalkan Pusat Medis Nasional Walter Reed pada Senin sore setelah menerima empat hari perawatan untuk Covid-19 dan akan melanjutkan perawatan dari Gedung Putih. Dia nantinya akan pindah ke ruang kerja sementara dan tempat isolasi di ruang bawah tanah manajer di sebelah ruang medis di Gedung Putih.

Dokter Gedung Putih Sean Conley mengatakan Trump belum sepenuhnya pulih dari perawatan Covid-19. Hal tersebut juga sebagai tanggapan atas kesaksian Trump yang sebelumnya menyatakan bahwa dirinya bersiap untuk keluar dari rumah sakit.

BACA JUGA  Tim Dokter Sebut Donald Trump Tidak Lagi Berisiko Tularkan Covid-19

Leave a Comment