Menikmati Keindahan Panorama Danau Toba Dari 3 Bukit

Danau Toba di Sumatera Utara terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu oleh letusan gunung berapi purba yang mengubah iklim bumi di seluruh dunia. Danau vulkanik terbesar di dunia ini kini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia.

Danau Toba memiliki pesona alam yang menakjubkan. Danau seluas 1.145 meter persegi ini terletak di Bukit Barisan dan menawarkan pemandangan pegunungan hijau di sekitarnya dan perairan biru yang tenang. Di tengah adalah Pulau Samosir.

BACA JUGA  Rekomendasi 6 Pantai Di Banten Yang Pas Untuk Surfing

Nikmati panorama terindah Danau Toba dari ketinggian, karena Anda bisa melihat secara utuh betapa indahnya lukisan alam yang sesungguhnya.

1. Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit di Pulau Samosir terletak di Penguruan, Sianjur Mula-mula dan Harian Boho, Kabupaten Samosir. Ketinggiannya mencapai 1.982 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pusuk Buhit dipercaya sebagai “tempat kelahiran” suku Batak. Orang Batak percaya bahwa ini pertama kalinya raja Batak diutus ke bumi oleh dewa Mulajadi Nabolon. Karenanya, ritual adat Batak yang memiliki banyak legenda kerap berlangsung di sini.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Alam Keluarga, Sikembang Park Batang Jawa Tengah

Untuk menuju bukit ini, pengunjung harus melewati berbagai desa. Desa Limbong merupakan salah satu jalur paling umum menuju bukit ini. Dalam perjalanan menuju bukit, wisatawan dapat menikmati puncak-puncak seperti View Simullop, Gereja Dewa Si Raja Batak, Batu Sawan, Aek Sipitu Dai, dan objek wisata lainnya.

Wisatawan juga bisa menyewa pemandu lokal untuk memahami cerita tiap objek yang ditemui selama perjalanan. Ini hanya rekomendasi bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan dalam perjalanan ini. Anda harus dalam keadaan sehat dan mengikuti aturan nasihat di tempat ini.

BACA JUGA  Mengapa Tamu Harus Memakai Sandal Didalam Kamar Hotel?

Diperlukan waktu sekitar 3-5 jam untuk sampai di Pusuk Buhit. Rasa lelah dalam perjalanan terbayar dengan pesona keindahan alam Danau Toba. Beberapa orang menyebut lanskap tersebut mirip dengan Selandia Baru. Di malam hari Anda bisa melihat rumah-rumah warga pemukiman dari bukit ini.

2. Bukit Holbung

Holbung sering disebut juga Bukit Teletubbies karena mirip dengan adegan di film animasi anak-anak asal Inggris. Ketinggiannya 1.860 meter di atas permukaan laut. Bukit ini sering menjadi tempat anak muda yang suka mendaki gunung.

BACA JUGA  Pantai Pan Semujur Destinasi Wisata Keluarga Di Akhir Pekan

Bukit Holbung (Ersa)

Terletak di Bukit Holbung, Dolok Raja, Kecamatan Harian, Samosir, Anda akan melihat pemandangan perbukitan yang eksotis dan luasnya Danau Toba. Tempat ini juga menjadi spot foto yang menarik dan instagramable.

Bukit Holbung juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam atau matahari terbenam. Sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa melihat aktivitas warga di sekitar bukit.
Suasana pagi hari tak kalah indah, kabut tebal seperti awan menghampiri tempat ini. Anda akan melihat sisi yang berbeda dengan setiap perubahan waktu. Saat-saat perubahan suasana ini akan menjadi hari yang tidak ingin Anda lewatkan.

BACA JUGA  Kenali Fakta Bunga Abadi Edelwis Yang Tidak Boleh Dipetik

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini dari Kota Medan, Anda bisa menggunakan jalur tele. Atau bisa juga Kota Pematang Siantar dengan transit di pelabuhan Samosir. Penduduk setempat sangat ramah kepada wisatawan.

3. Bukit Gajah Bobok

Bukit Gajah Bobok terletak di Pangambat, Merek, Kabupaten Karoa. Jarak dari Bandara Kualanamu kurang lebih 136 kilometer atau empat jam perjalanan dengan mobil. Transportasi di sini mudah karena bus tersedia.

Jika Anda ingin menikmati pegunungan Sumatera Utara dari ketinggian maka tempat ini adalah salah satu tempat terbaik. Dari sini, Danau Toba juga jernih dan Anda bisa menikmati keindahan sabana.

BACA JUGA  Kawasan Wisata Gunung Bromo Akan Dibuka Kembali

Pemandangan paling menakjubkan di atas bukit, yang tingginya mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut, adalah matahari terbit dan terbenam. Saat matahari terbit dan terbenam di balik pegunungan, kilau langit merah-jingga sungguh mempesona.

Leave a Comment