Pesona Wisata Gunung Dan Perbukitan Alahan Panjang Solok

Jika biasanya Anda menikmati suasana negara lain di Indonesia hanya dengan satu replika, kini saatnya Anda benar-benar menikmatinya. Di Solok Sumatera Barat terdapat tempat wisata alam dengan pemandangan indah seperti di Swiss, Eropa.

Tepat di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat terdapat Nagari atau wilayah administratif yang mirip dengan Swiss. Alhasil, wisatawan tidak lagi harus jauh-jauh dan membayar biaya mahal untuk berkunjung ke Eropa.

Tempat itu bernama Alahan Panjang dan oleh penduduk setempat disebut sebagai “nagari dingin tanpa salju”. Letaknya di lereng timur Taman Nasional Kerinci Seblat.
Untuk menuju Alahan Panjang jarak tempuh dari Kota Padang kurang lebih 65 kilometer. Alahan Panjang merupakan titik terdingin di Provinsi Sumatera Barat dan bersuhu 10-15 derajat Celcius.

BACA JUGA  Pantai Pan Semujur Destinasi Wisata Keluarga Di Akhir Pekan

Sebagai Eropa Indonesia, kawasan ini terletak pada ketinggian 1.400 hingga 1.600 meter di atas permukaan laut. Temperatur yang sejuk dengan pancaran sinar matahari dan luasnya lukisan alam membuat perasaan nyaman dan tenang disana.

“Sejauh mata memandang, kaya lagi pada musim semi dan musim panas di Swiss. Sungguh indah dan sangat sepi. Dan ada rumah-rumah, vila di atas danau yang bikin suasana makin Eropa. Pepohonannya mirip di Eropa juga,” ujarnya Kevin Hendrawan, 28 tahun, di saluran YouTube-nya dengan #EkspedisiSegaris.

BACA JUGA  Mendaki Gunung Kerinci, Sambil Menikmati Kebun Teh Tertinggi di Dunia

Alahan Panjang, 1772-1864 kubu pahlawan Indonesia Tuanku Imam Bonjol, saat ini memiliki segudang keindahan alam. Dari Danau Kembar sampai Bukit Cambai.
“Kalau kita naik (Bukit Cambai), kita lihat tiga danau. Di depannya ada gunung Talang,” kata seorang warga setempat, Dedi, yang memakai sarung sebagai penahan dingin atau dikenal sebagai pria perkasa.

Karena didominasi oleh hamparan alam yang melimpah, penduduk setempat memanfaatkannya sebagai mata pencaharian. Hampir sebagian besar yang hanya bergantung pada tumbuh / tumbuh tanaman. Pasalnya, Alahan Panjang sendiri kaya akan tanaman hortikultura yang bernilai ekonomis tinggi.

BACA JUGA  Dengan Syarat Dan Aturan, Gunung Semeru Kembali Dibuka 1 Oktober

Ada juga perkebunan teh yang rasanya seperti melati. Alahan Panjang cocok untuk mereka yang ingin bersantai, menyembuhkan dan suka dari hiruk pikuk kota metropolitan.

Leave a Comment