UX 300e Mobil Listrik Produksi Pertama Dari Lexus

Lexus akhirnya puas membangun mobil hybrid. Perusahaan otomotif Jepang akhirnya membuat mobil listrik pertama, Lexus UX 300e.
Lexus sangat senang dengan mobil hybrid. Sejauh ini, mereka telah menjual hingga 1,8 juta unit mobil hybrid. Pengalaman bertahun-tahun ini akhirnya membawanya pada keputusan untuk membangun mobil listrik untuk pertama kalinya.

“Untuk mobil baru ini, kami menciptakan pengalaman berkendara elektrik yang unik tidak hanya untuk konsumen tetapi juga untuk Lexus,” kata Takashi Watanabe, chief engineer Lexus UX 300e.

BACA JUGA  Mobil Listrik Lexus UX 300e Resmi Masuk Indonesia , Harga Rp1,245 M

Lexus UX 300e tidak jauh berbeda dengan crossover Lexus UX300 konvensional yang dirilis Lexus sebelumnya. Minimnya mesin pembakaran internal yang harus diganti baterai membuat kabin Lexus UX300e lebih lega. Mobil juga lebih senyap karena menggunakan tenaga listrik. Selain itu, tenaganya pun semakin memikat karena mencapai 201 hp dan torsi maksimal 300 Nm yang diraih secara instan.

Lalu apa yang unik dari mobil listrik pertama Lexus ini? Pertama, Lexus memastikan mobil listrik yang mereka buat harus benar-benar senyap. Sama sekali tidak ada suara di dalam mobil. Mereka bahkan menggunakan teknisi Lexus untuk pengujian untuk memastikan tidak ada suara atau getaran yang masuk ke kabin Lexus UX 300e.

BACA JUGA  Cara Merawat Mobil Matik Agar Panjang Umur Dan Nyaman Dikendarai

Selain itu, baterai lithium-ion yang digunakan merupakan baterai dengan teknologi terkini. Baterai ini dilengkapi dengan elektroda kepadatan tinggi dan struktur elektroda yang canggih. Baterai ini dirancang untuk mencapai keseimbangan antara performa hebat dan jarak tempuh yang ideal. Aki mobil ini lebih ringan dari aki mobil listrik yang ada. (Baca juga: Pajak 0 Persen Bukan Satu-satunya Penyelamat Industri Otomotif Indonesia)

Lexus senang membuat hibrida dan akhirnya membangun mobil listrik pertamanya

Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan konsumen yang tidak hanya membutuhkan mobil listrik jarak jauh tetapi juga performa yang mengasyikkan. Lexus mengklaim mobil tersebut bisa menempuh jarak 305 kilometer saat terisi penuh.

BACA JUGA  Apakah Anda Pernah Mengalami Kopling Mobil Keras, Inilah Sebabnya

Insinyur Lexus juga mencapai terobosan dengan menciptakan sistem pendingin baterai yang cerdik. Diketahui bahwa masalah pada mobil listrik adalah baterai mudah panas, yang menyebabkan penurunan kinerja dan masa pakai baterai. Lexus memproduksi sistem pendingin udara yang unik untuk menjaga suhu sel baterai dalam kondisi ideal. Mereka membuat terobosan ini setelah mendapatkan jutaan pengalaman membangun mobil hybrid. Dari pengalaman ini diketahui bahwa pendingin udara jauh lebih baik daripada pendingin cair.

Untuk itu, Lexus berani menjamin aki mobil ini hingga 10 tahun. Ini jarang ditawarkan oleh produsen mobil listrik lainnya.

BACA JUGA  Beberapa Penyebab Tarikan Sepeda Motor Terasa Berat

Leave a Comment