Resep Sederhana Kroket Sukun, Camilan Anak Disore Hari

Tak hanya digoreng, sukun yang sudah matang juga bisa dijadikan kroket. Bahan dan proses membuatnya hampir tidak berbeda dengan kroket kentang. Jajanan praktis untuk anak Waktu Jajan Kroket sukun bisa diisi dengan ayam, wortel dan kacang hijau. Nikmati kroket sukun sebagai camilan di sore hari. Sediakan juga cabai hijau dari atas untuk pecinta pedas. Mari kita praktekkan membuat kroket sukun seperti resep dari sajian lezat berikut ini.

Bahan

400 gram sukun, kukus dan haluskan
1 sdm margarin
1/2 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 buah kuning telur
500 ml minyak untuk menggoreng

BACA JUGA  Resep Lauk Nikmat Bola Bola Ayam Saus Teriyaki

Bahan isi
1/4 buah bawang bombai, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
75 gram ayam giling 50 gram wortel, iris tipis
25 gram buncis, iris tipis
25 ml air
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang Bahan pelapis
1 butir telur, kocok lepas
100 gram tepung panir halus

Cara membuat kroket sukun
1. Isi kroket: siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan ayam giling. Aduk rata sampai daging berubah warna. Masukkan wortel dan buncis. Masak sampai layu.
2. Tambahkan saus tiram, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuangkan air. Masak sampai air menyusut. Masukkan irisan daun bawang. Aduk sampai layu. Sisihkan.
3. Kroket: siapkan wadah. Masukkan sukun, margarin, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan kuning telur. Campur sampai rata. Ambil adonan, beri isi. Tutup dan bentuk oval.
4. Letakkan telur dan tepung panir halus pada 2 wadah berbeda. Celup kroket sukun ke dalam telur. Gulingkan di atas tepung panir halus. Lakukan sebanyak dua kali.
5. Tuangkan minyak pada wajan, sampai menutupi nantinya adonan kroket. Panaskan minyak dengan api sedang. Masukkan kroket sukun, goreng sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Tata kroket sukun di atas piring saji. Beri cabai rawit hijau sebagai pelengkap.

BACA JUGA  Resep Mudah Siomay Ikan Tenggiri yang Empuk Gurih

Selamat mencoba Dan menikmati

Leave a Comment