Tips Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan, JagaJarak dan PakaiMasker secara rutin merupakan langkah yang efektif untuk mencegah penyebaran infeksi, terutama di saat-saat seperti saat ini ketika pandemi corona masih berlangsung. Namun terlalu sering CuciTangan juga membuat telapak tangan sedikit kering. Untuk membantu menjaga dan melembabkan kulit tangan, ada tiga cara mengatasi kulit kering dengan sering mencuci tangan, Dilansir dari Time.

1. Tepuk-tepuk setelah mencuci tangan
Jangan menggosok tangan Anda di atas handuk, tisu, atau kain segera setelah dicuci. Ini bisa mengiritasi kulit akibat gesekan dari benda tersebut.

BACA JUGA  Terapkan Pola Hidup Sehat Serta Panjang Usia Ala Orang Jepang

Menurut profesor dermatologi Langone Health di NYU, Anda dapat mengeringkan tangan yang basah dengan menyentuhnya agar sebagian air yang tersisa jatuh, lalu membiarkannya mengering sendiri.
Cara ini sangat efektif untuk mengatasi kekeringan setelah mencuci tangan karena masih ada air tersisa yang tidak akan hilang begitu saja.

2. Memakai pelembab
Solusi mengatasi kulit kering dan sering mencuci tangan juga bisa dengan mengoleskan pelembab khusus yang formulanya menutrisi tangan.
Pada umumnya, sebagian orang menggunakan pelembab setelah mencuci tangan. Salah satunya adalah body lotion.

BACA JUGA  Cara Agar Kaca Mata Tidak Berembun Saat Anda Memakai Masker

Padahal, kadar pelembab pada hand cream dan body lotion berbeda-beda. Padahal, ada kemungkinan sebaliknya yang membuat telapak tangan semakin kering.
Hindari pelembab tangan yang mengandung aroma menyengat dan pilih yang tidak berbau. Selain itu, gunakan pelembab tangan khusus secara teratur agar tetap lembut.

3. Gunakan sabun tangan khusus
Jangan sembarangan mencuci tangan dengan sabun karena tidak semua bahan sabun dibuat sama. Pilih sabun tangan khusus dengan perlindungan lebih.
Misalnya mengandung alkohol untuk membunuh virus atau kuman, namun diimbangi dengan bahan lain yaitu lidah buaya atau madu yang dapat membantu melembabkan kulit.
Jadi sabun bekas pakai tidak sekedar menghilangkan kotoran atau pemicu penyakit. Namun bisa mengatasi kulit kering, sering-seringlah mencuci tangan sekaligus menjaganya tetap lembut.

BACA JUGA  5 Manfaat Facial Massage Untuk Kecantikan

Leave a Comment