Baca Buku Juga Jadi Gaya Hidup Baru Selama Masa Pandemi

Jika Anda adalah orang tua yang tidak begitu kreatif membuat game untuk si kecil untuk menghabiskan waktu di rumah, pertimbangkan untuk membacakan buku untuk anak. Metode ini tidak hanya dapat membawa Anda lebih dekat dengan si kecil, tetapi juga sangat berguna untuk tumbuh kembang.

Ya, dengan membacakan buku untuk si kecil secara rutin, secara tidak langsung Anda meningkatkan kemampuan IQnya. Hal ini sejalan dengan penelitian Harper Collins dan Departemen Pendidikan: “Membacakan buku untuk anak dapat membantu meningkatkan IQ anak sebanyak 6 poin.”

BACA JUGA  Jangan Buang Kulit Buah Naga, Berikut Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, menurut laporan yang sama, orang tua yang gemar membaca buku anaknya memiliki peluang satu tahun lebih kecil daripada anak yang tidak membaca buku. Jika Anda kemudian membacakan buku untuk anak tersebut setidaknya selama 15 menit sehari, kosakata anak akan meningkat hingga 1 juta kata setiap tahun.

Menurut Eddy Henry, Direktur Pengembangan dan Pendidikan Awal Tanoto Foundation, membaca buku si kecil akan membuat mereka lebih dekat dengan Anda. Ya, buku antara Anda dan si kecil menciptakan ikatan yang kuat.

BACA JUGA  Manfaat Sheet Mask Untuk Perawatan Kulit wajah Anda

“Membaca buku cerita berfungsi untuk mendekatkan Anda dengan orang tua dengan anak. Hal ini menciptakan ikatan linier yang kuat antara orang tua dan anak. Oleh karena itu, anak diajari keterampilan sosial dan emosional yang baik pada usia yang sangat muda. Literasi sangat penting sejak usia dini. “kata Eddy.

Nah, di tengah pandemi seperti ini, sangat tepat untuk memulai kebiasaan membaca buku untuk si kecil. Ini juga untuk memastikan bahwa aktivitas sehari-harinya tidak hanya digunakan untuk main-main selama pandemi.

BACA JUGA  Tetap Tampil Cantik Di Masa Pandemi Walau Tetap Pakai Masker

“Salah satu kegiatan yang bermanfaat dalam pandemi seperti sekarang ini adalah membaca buku. Saat sebagian besar sekolah tutup dan menjaga anak di rumah, buku dan bahan bacaan lainnya menjadi salah satu kekuatan utama selama masa isolasi,” ucap Presiden Direktur bad wolf Indonesia Uli Silalahi, demikian keterangan tertulisnya.

Uli juga percaya dengan adanya buku, orang tua dan anak akan semakin dekat dengan mereka. Tidak hanya itu, buku juga akan memperluas wawasan pengetahuan anak dan juga merangsang kekuatan mental dan kreativitas anak. “Jadi membaca buku tidak menghilangkan rasa bosan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik,” ujarnya.

BACA JUGA  5 Manfaat Facial Massage Untuk Kecantikan

Jika Anda kesulitan menemukan buku di toko, Anda dapat membelinya secara online. Ya, pasar buku online sedang naik daun dan salah satu yang terkenal di masyarakat adalah bazar buku online Big Bad Wolf di Tokopedia.

“Tujuan dari solusi belanja buku online ini adalah menjadi wadah berbagi ilmu dan mendorong masyarakat untuk lebih mencintai buku. Apalagi untuk mengisi kegiatan saat pandemi dengan hal-hal yang positif,” imbuh Uli.

Leave a Comment