Bahan Kandungan Suplemen Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Meski baik untuk tubuh, sejumlah suplemen, termasuk suplemen herbal, bisa merusak ginjal. Perhatikan isi suplemen sebelum mengonsumsinya.
Suplemen makanan merupakan campuran dari sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh dan biasanya mengandung lebih dari tiga jenis vitamin dan mineral, ditambah protein.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa bahan tertentu dalam suplemen dapat merusak ginjal dan dikontraindikasikan pada penderita penyakit ginjal.
Kandungan ini umumnya sulit untuk diproses oleh ginjal, sehingga ginjal bekerja ekstra untuk mengolahnya. Beberapa bahan yang tidak bisa diolah bisa menjadi racun bagi tubuh.

BACA JUGA  Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong Di Pagi Hari, Berikut Dampaknya

Anda dapat menemukan sejumlah suplemen yang berbahaya bagi ginjal dan dikutip oleh National Kidney Foundation di Amerika Serikat.

1. Kalium
Suplemen makanan yang mengandung mineral kalium harus dibatasi oleh penderita penyakit ginjal, terutama penderita dialisis.
Kalium baik untuk mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Namun, pada penderita penyakit ginjal, kalium tidak dapat diolah secara efisien. Kalium yang berlebihan dapat menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri dada, dan jantung berdebar-debar. Kalium kaya akan suplemen melon, daun ketumbar, akar dandelion, daun bawang, serai, pepaya, kunyit, dan teratai.

BACA JUGA  Ragam Manfaat Ubi Dan Cara Mengolahnya Untuk Diet

2. Fosfor
Suplemen fosfor juga harus dihindari, terutama pada penderita penyakit ginjal dan pasien dialisis. Fosfor baik untuk kesehatan tulang. Namun, karena konsumsi fosfor yang terus-menerus tinggi, ginjal bekerja lebih keras dan dapat menyebabkan kerusakan. Pada ginjal yang rusak, fosfor tidak dapat diolah sedemikian rupa sehingga menjadi racun dan merugikan tubuh. Fosfor ditemukan di banyak suplemen herbal seperti ketumbar, lobak, biji bunga matahari, kunyit, dan teratai.

3. Diuretik
Selain itu, diuretik harus dihindari. Diuretik berarti kemampuan untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Suplemen ini bisa merusak ginjal.
“Beberapa suplemen herbal, seperti diuretik atau pil air, dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan ginjal,” tulis National Kidney Foundation.

BACA JUGA  Madu Disebut Lebih Ampuh Redakan Batuk Pilek Daripada Antibiotik

Beberapa diuretik adalah peterseli dan buah juniper. Sebelum meminumnya, perhatikan kandungan, efek samping dan kontraindikasi suplemen makanan apa pun.

Leave a Comment