5 Langkah Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh (Imun) Selama Pandemi

Pandemi telah mengubah kebiasaan kita untuk hidup sehat. Tidaklah mengherankan jika sejumlah langkah seperti berolahraga secara teratur dan mengonsumsi vitamin untuk makan makanan sehat diperhatikan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari virus corona.

Cara ini merupakan langkah preventif sederhana yang dapat dilakukan masyarakat saat ini. Mengingat sejauh ini belum ada vaksin untuk melawan virus corona.
Namun, para ahli mengatakan bahwa kekebalan dibangun bukan dalam sehari, melainkan dalam kurun waktu tertentu. Untuk mendapatkan kekebalan yang baik, Anda perlu mengubah kebiasaan gaya hidup Anda.

BACA JUGA  Penyakit Katarak Bisa Dicegah Dengan Cara Berikut

Sesuatu? Berikut lima langkah rutinitas pagi yang akan mendongkrak kekebalan, seperti dilansir laman Times if India.

1. Yoga

Jika Anda terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur, cobalah melakukan beberapa pose yoga tempat tidur seperti anak. Tahan pose tersebut selama Anda bisa. Pose asana membantu mengendurkan otot yang kaku dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Setelah berpose, duduklah dengan tegak dan lakukan latihan pernapasan untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan fungsi tubuh setelah tidur malam.

BACA JUGA  Berikut Ini 12 Manfaat Rebusan Daun Binahong Untuk Kesehatan

2. Oil pulling

Oil pulling adalah teknik Ayurveda kuno yang melibatkan memasukkan minyak kelapa yang diperas dingin ke dalam mulut Anda selama sekitar 4 hingga 6 menit. Teknik ini direkomendasikan oleh para ahli karena asam laurat dalam minyak dapat mengurai lapisan lemak bakteri di mulut dan membunuh bakteri.

Kementerian Ayush India bahkan merekomendasikan untuk mempraktikkan teknik ini setiap hari untuk membantu meningkatkan kekebalan. Teknik ini harus dilakukan segera setelah bangun tidur dengan perut kosong.

BACA JUGA  Mengetahui Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

3. Tetap terhidrasi

Kita semua tahu bahwa menghidrasi diri sendiri adalah yang paling penting untuk diet yang sehat. Saat bangun tidur, minumlah dua gelas air. Anda bahkan dapat membuat beberapa bahan DIY seperti air lemon atau air madu dan meminumnya di pagi hari untuk hasil terbaik.

4. Olahraga

Berolahraga di pagi hari adalah cara terbaik untuk mengatasi kelesuan. Aktif secara fisik selama 30 hingga 40 menit di pagi hari dapat memberi tubuh Anda kekuatan fisik di siang hari. Selain itu, ini meningkatkan energi, kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan Anda.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Pastikan Kualitas Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif?

Anda bisa mulai dengan latihan dasar seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, lalu tingkatkan intensitas sesuai dengan tipe tubuh dan kondisi kesehatan Anda.

5. Makan sarapan yang sehat

Sarapan sering disebut sebagai jam makan terpenting. Nikmati sarapan yang sehat dengan mengonsumsi campuran protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan segar, biji-bijian, dan sayuran ke piring sarapan Anda.

Jumlah penderita COVID-19 masih tinggi. Jadi jangan lupakan 3M: kenakan masker, jaga jarak dan hindari keramaian dan cuci tangan.

BACA JUGA  Putih Telur Dapat Tingkatkan Imunitas Penderita Penyakit Penyerta

Leave a Comment