Pendaftaran Prakerja Gelombang 11 Belum Dibuka Pemerintah

Pemerintah belum membuka pendaftaran program Kartu Pra Kerja gelombang 11 hingga hari ini, Senin (5/10). Pasalnya, seleksi anggota dilakukan 10 gelombang pendaftaran yang dibuka mulai April hingga September 2020 kemarin.

Sebagai informasi: Pada gelombang 10 pendaftaran Kartu Pra-Kerja, pemerintah berhasil menarik 116.261 peserta program. Jumlah tersebut merupakan sisa kuota dari target 5,6 juta pendaftaran pada program kartu pra kerja tahun anggaran 2020, yang berhasil mendaftarkan 5,4 juta pendaftar pada gelombang 1-9.

BACA JUGA  Bareskrim Polri Tetapkan Jozeph Paul Zhang Jadi Tersangka!

“Ini menyimpulkan keseluruhan kuota penerima kartu kerja persiapan tahun anggaran 2020,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, baru-baru ini.
Peserta kartu prakerja menerima dana Rp 3,55 juta per orang. Dana tersebut digunakan untuk insentif mulai dari Rp. 2,4 juta, biaya pelatihan Rp 1 juta dan insentif untuk survei Rp 150.000.

Berdasarkan pantauan terhadap berbagai jalur informasi kartu prakerja, dari situs resmi program hingga akun Instagram program, belum ada rencana untuk membuka pendaftaran program gelombang baru ini.

BACA JUGA  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan Dibuka Lagi Tahun 2021

Meski begitu, pemerintah berencana melanjutkan program ini tahun depan. Rencana ini merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Dukungan presiden untuk UMKM akan terus berlanjut (tahun depan). Kemudian kartu pra kerja,” kata Airlangga.

Jika nanti Anda membukanya, persyaratan keanggotaan Kartu Pra-Kerja sama dengan yang terakhir. Syaratnya, calon penerima adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menyelesaikan pendidikan formal.

Persyaratan tambahan, bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI atau Polri, bukan kepala atau perangkat desa, BUMN dan BUMD, tidak ada penerima kesejahteraan lain dari pemerintah, dan tidak pernah mendapat kartu pra kerja.

BACA JUGA  Berikut Syarat dan Tata Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Leave a Comment