Peringatan HUT TNI Ke-75 Di Istana Negara Secara Virtual

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan ulang tahun ke-75 hari ini, Senin (5/10/2020).
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara peringatan HUT TNI ke-75 akan berlangsung di tengah pandemi Covid 19.

Istana Negara Jakarta dipilih sebagai venue. Untuk memastikan kelancaran acara besok, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan pelaksanaan pada Sabtu 3 Oktober lalu.
“Dalam kegiatan ini, Panglima TNI langsung mengecek kesiapan upacara HUT TNI ke 75 yang dilakukan secara virtual dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam pandemi Covid-19.” kata Kepala Puspen TNI Puspen Kolonel Sus Aidil dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA  Calon Pengantin Dan Ibu Melahirkan Di Sumbar Diwajibkan Tes Swab

Dalam kegiatan tersebut, Hadi tidak sendiri. Ia didampingi oleh Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Udara Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Letnan Jenderal TNI, Letnan Jenderal Joni Supriyanto, dan petinggi TNI lainnya.

“Usai gladi bersih, Panglima TNI memimpin doa bersama menuntut kelancaran pelaksanaan HUT ke-75 TNI yang akan berlangsung pada Senin, 5 Oktober 2020,” ujarnya.
Sebelum acara puncak di Istana Negara, TNI telah melakukan beberapa kegiatan. Mulai dari donor darah, penyaluran sembako, balapan sepeda dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata.

BACA JUGA  Bupati Bangka Tengah Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto membuka langsung acara tentang donor darah dan pembagian makanan. Acara berlangsung pada Selasa (22 September 2020) di Markas Besar TNI Gor Ahmad Yani, Cilangkap, Jakarta Timur.

Donor darah dilakukan serentak mulai 22 Agustus 2020 dan dilakukan di 86 instansi TNI di seluruh Indonesia dengan 1.000 peserta. Sebelumnya, donor darah telah dilakukan di 100 kantor PMI di seluruh Indonesia pada 4-21 September 2020.

Sementara itu, TNI menggunakan 20 babinsa, 20 babinpotmar dan 20 babinpotdirga untuk mendistribusikan sembako. Bantuan sembako disediakan bagi mereka yang kurang mampu.
Seminggu kemudian, pada Selasa (29/9/2020), diadakan lomba balap sepeda. Kompetisi ini terbagi dalam dua kategori yaitu virtual fun bikes dan static.
Kategori pertama sepeda kesenangan virtual akan berlangsung dari 24 September hingga 4 Oktober 2020 dengan jarak 75 kilometer serta ruang dan waktu.

BACA JUGA  Fakta Terbaru Hilangnya KRI Nanggala-402 yang Belum Ditemukan

Untuk kategori kedua, sepeda statis digelar pada Selasa (29/9/2020) di Plaza Mabes TNI, yang diperuntukkan bagi internal TNI dan Polri. Mereka dibagi menjadi 1 tim beranggotakan 4 orang, terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Polisi. Anda juga akan mengendarai sepeda statis selama 5 menit dengan mengumpulkan jarak terjauh.

Terakhir kali Panglima TNI berziarah ke TMPN Kalibata pada Jumat (3/10/2020). Dalam ziarah , Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Staf Andika Perkasa, Laksamana KSAL TNI Yudo Margono dan Marsekal Udara KSAU Fadjar Prasetyo.

BACA JUGA  Fakta Pengantin Baru Pelaku Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Makassar

Sebelum penyemaian bunga, Hadi Tjahjanto memimpin upacara di area Tugu Garuda sekaligus mengheningkan cipta untuk mengenang pengabdian para pahlawan. Penaburan bunga dilakukan di sejumlah makam heroik, antara lain makam Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, makam Jenderal Besar (pensiunan) Abdul Haris Nasution, dan makam Jenderal TNI (pensiunan) Maraden Saur Halomoan Panggabean.

Kemudian di makam Jenderal TNI (purnawirawan) Leonardus Benyamin Moerdani dan di makam Jenderal TNI (purnawirawan) Edi Sudradjat.

Leave a Comment