Saudi Kembali Buka Umrah Hari Ini Dgn Pembatasan Jumlah jamaah

Setelah lebih dari enam bulan menunda pemberlakuan efek pandemi COVID-19, Masjidil Haram secara bertahap kembali melaksanakan ibadah umrah mulai hari ini, 4 Oktober 2020.
Menurut peraturan, hanya 6.000 jemaah haji per hari yang diperbolehkan melakukan umrah selama fase pertama ini dan ini terbatas hanya untuk warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.

Jemaah haji diperbolehkan menunaikan umrah setelah mendaftar melalui aplikasi Eatmarna dengan Kementerian Haji dan Umrah di Arab Saudi.

BACA JUGA  Perancis Alami Rekor Tertinggi Lonjakan Kasus Covid-19

Kementerian Haji dan Umrah di Arab Saudi seperti dilansir kantor berita Saudi telah mengatur agar pelaksanaan umrah tidak berlangsung secara massal. Di antaranya, kegiatan umrah dibatasi hanya 3 jam per rombongan jamaah umrah.

Pihak berwenang juga telah menyiapkan lima titik pertemuan bagi masyarakat sebelum berangkat ke Masjidil Haram, yakni Ajyad, Al-Shisha, Al-Gaza dan Al-Zahir. Dari titik berkumpul ini, jamaah umrah dibawa ke Masjidil Haram dengan bus dan fasilitas kesehatan.

Untuk menyambut umat, kamera termal akan dipasang di pintu masuk dan di aula Masjid Agung untuk memantau puncak suhu tubuh dan mengeluarkan peringatan jika perlu.

BACA JUGA  Heboh Ledakan Keras Guncang Riyadh Ibu Kota Arab Saudi

Sebelumnya, Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi bekerja sama dengan pihak berwenang terkait telah menyelesaikan persiapan pelaksanaan umrah pertama, menerapkan protokol kesehatan dan standar pencegahan yang tinggi.

Setidaknya 1.000 pejabat dikerahkan untuk memastikan ibadah umrah sejalan dengan protokol kesehatan dan menjaga jarak sosial.

Seluruh area di Masjid Agung dibersihkan 10 kali sehari sebelum dan sesudah akhir ibadah oleh jamaah umroh, WC dibersihkan 6 kali sehari, karpet Masjidil Haram disterilkan, wadah air Zamzam dan semua kendaraan dibersihkan.

BACA JUGA  Prancis Akan Penjarakan Orang Tua Siswa Yang Protes Kartun Nabi

Eskalator ke lantai atas juga dilengkapi dengan alat kebersihan, sedangkan alat cuci tangan dipasang di semua pintu masuk masjid.
Sebelumnya, Arab Saudi telah mengumumkan pembukaan kembali umrah secara bertahap dan kunjungan ke dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (Haramain) dengan jumlah jamaah terbatas, yang akan dimulai pada 4 Oktober 2020.

Laporan Saudi Press Agency tertanggal Rabu 23 September 2020 mengutip sumber dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi bahwa rencana pembukaan umrah tersebut didasarkan pada laporan otoritas terkait perkembangan umrah virus corona dan sebagai tanggapannya. atas upaya banyak umat Islam di dalam dan luar negeri untuk dapat menerapkannya. umrah.

BACA JUGA  Arab Saudi Denda Milyaran Rupiah Bagi Penebang Pohon Ilegal

Pemerintah kerajaan juga telah memberikan izin untuk secara bertahap mengizinkan umrah dan kunjungan ke dua masjid suci, tunduk pada protokol kesehatan yang ketat.

Pembukaan ibadah umrah dan kunjungan ke dua masjid suci tersebut berlangsung dalam empat tahap.

Leave a Comment