Kebiasaan Mencuci Tangan Yang Salah Dan Sering Dilakukan

Hingga saat ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan mencuci tangan. Kesalahan ini membuat mencuci tangan tidak efektif untuk melindungi diri dari paparan kuman seperti virus corona.
Cuci tangan menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Bagaimanapun, mencuci tangan bukan hanya tentang mencuci tangan dengan air.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri sudah mengeluarkan pedoman cuci tangan selama 20 detik. Ada beberapa area atau lipatan tangan yang perlu Anda cuci dengan benar.

BACA JUGA  9 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Cuci tangan Anda terlalu sebentar
Sebuah studi Michigan State University yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health menemukan bahwa 95 persen orang tidak mencuci tangan pada waktu yang disarankan.
Studi tersebut menemukan bahwa rata-rata orang hanya menghabiskan waktu 6 detik untuk mencuci tangan. Selain itu, 15 persen pria dan 7 persen wanita tidak terbiasa mencuci tangan usai ke kamar mandi.

2. Tidak membersihkan celah-celah Jari
Tangan Anda akan tetap kotor jika Anda hanya menggosokkan sabun di antara telapak tangan dan kemudian membilasnya.
“Kuman suka bersembunyi di bawah kuku dan di sela-sela jari, jadi Anda harus menggosok area tersebut setiap kali Anda mencuci tangan,” kata ahli kesehatan Roshini Raj. Menggosok yang benar adalah kunci untuk menghilangkan kotoran dan berbagai mikroba dari kulit Anda.

BACA JUGA  Kelompok Prioritas Utama Yang Akan Mendapatkan Vaksin Covid-19

3. Tangan tidak benar-benar kering
Mencuci tangan tidak ada gunanya jika Anda tidak mengeringkannya secara menyeluruh. Raj mengenang, kuman suka berkembang biak dalam kondisi lembab seperti tangan basah.
Raj menyarankan agar Anda menggunakan kertas dapur untuk mengeringkan tangan alih-alih pengering. Sebuah tinjauan studi menemukan bahwa handuk kertas lebih unggul daripada pengeringan tangan.

4. Hanya mencuci tangan saat dari kamar mandi
Risiko terkena kuman ada di mana-mana, termasuk menyentuh permukaan di tempat umum seperti tombol lift, gagang pintu, ATM, dan lainnya.

BACA JUGA  Cara Sterilkan Masker N95 Agar Aman Dipakai Hingga 3 Kali

“Kebanyakan orang tidak mencuci tangan sampai mereka pergi ke kamar mandi. Tapi Anda perlu mencuci tangan secara teratur sepanjang hari, terutama saat musim sakit,” kata Raj.
Untuk alasan ini, Anda disarankan untuk membawa pembersih tangan kemanapun Anda pergi. Pastikan hand sanitizer mengandung setidaknya 60 persen alkohol agar efektif membunuh kuman.

5. Tidak gunakan sabun
Banyak orang beranggapan bahwa mencuci tangan dengan hand sanitizer saja sudah cukup. Asumsi ini mengarah pada fakta bahwa masyarakat seringkali mencuci tangan hanya dengan air dan tanpa sabun.

BACA JUGA  Efek Samping Menggunakan Hand Sanitizer Setiap Hari

Pembersih tangan yang mengandung alkohol memang ampuh membunuh kuman. Namun, ada beberapa jenis kuman atau bahan kimia berbahaya yang tidak dapat dengan mudah dibunuh dengan hand sanitizer. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air.

Hindari berbagai kesalahan mencuci tangan agar Anda terhindar dari kuman.

Leave a Comment