7 Makanan Yang Dapat Turunkan Imun Dan Buat Anda Gampang Sakit

Memiliki kekebalan yang kuat merupakan langkah awal dalam menghindari berbagai penyakit seperti virus corona. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang optimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya asupan harian.
Ada beberapa makanan yang dapat melemahkan sistem kekebalan, jadi sebaiknya dibatasi atau dihindari. Tentang tembakan yang mana? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari Eat Dies, berikut beberapa makanan yang harus dihindari untuk daya tahan tubuh:

1. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji memang menggugah selera, tetapi memiliki efek kesehatan yang negatif. Makanan cepat saji mengandung kalori, lemak jenuh, natrium, dan gula yang tidak ideal untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, fast food juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan gangguan jantung.

BACA JUGA  Seruan Persatuan Dokter Paru Indonesia Untuk Masyarakat Dan Nakes

2. Permen
Permen menjadi camilan yang menyegarkan mulut. Namun kandungan gula olahan dalam permen berdampak negatif bagi tubuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa gula rafinasi dapat meningkatkan penanda peradangan dalam tubuh, sehingga tingkat peradangan yang tinggi mengganggu sistem kekebalan tubuh.

3. Soda
Minuman bersoda tinggi gula dan kalori. Tentu saja tidak satupun dari mereka memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Minuman bersoda berisiko menambah berat badan dan menyebabkan obesitas. Saat seseorang kelebihan berat badan, fungsi sistem kekebalan tubuh akan ditekan.

BACA JUGA  Manfaat Herbal Jahe Untuk Kesehatan Dimasa Pandemi

4. Alkohol
Minum alkohol dalam batas yang disarankan tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita atau dua gelas sehari untuk pria. Ahli gizi Patricia Bannan mengatakan alkohol dapat mengganggu jalur kekebalan dan mengganggu pola tidur, menyebabkan sistem kekebalan menurun.

5. Gorengan
Goreng mengandung banyak lemak. Gorengan tidak hanya dapat meningkatkan kolesterol jahat, tetapi juga dapat meningkatkan peradangan pada tubuh. Terlalu banyak makan gorengan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

“Makanan yang digoreng biasanya tinggi lemak, yang dapat ditekan oleh sistem kekebalan Anda,” kata Bannan.

BACA JUGA  Yuk Ketahui Penyebab dan Terapi Pemulihan Bagi Penderita Impotensi

8. Es krim
Di balik kesegaran es krim di siang hari, ternyata es krim kaya akan lemak jenuh dan gula yang dapat menyebabkan peradangan. Bannan mengatakan es krim mengandung enam kali lipat jumlah gula, yang melampaui batas yang harus dikonsumsi sepanjang hari.

7. Sodium
Banyak orang mungkin telah menyadari bahwa mengonsumsi garam secara berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi karena mengandung natrium yang tinggi.
Namun, konsumsi garam yang berlebihan dikaitkan dengan penurunan daya tahan tubuh. Bannan menganjurkan agar Anda memilih makanan kemasan dengan kandungan natrium tidak lebih dari 600 mg.

BACA JUGA  Krim Alami Jeruk Nipis Untuk Cegah Jerawat Dan Kulit Kusam

Leave a Comment