Ingin Saingi Chromebook, Microsoft Rilis Laptop Murah Terbaru

Microsoft merilis produk baru bernama Surface Laptop Go, yang merupakan salah satu perangkat Surface paling terjangkau.
Surface Laptop Go dijual seharga $ 549, hanya kurang dari Surface Go 2, yang harganya $ 399. Dalam hal desain, Surface Laptop Go tampaknya memperhatikan pasar pengguna Chromebook.

Sama seperti Surface Go 2, Surface Laptop Go memiliki beberapa komponen yang harus dikorbankan agar harganya menjadi lebih murah, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (2/10/2020).

Dari luar, Surface Laptop Go terlihat sama dengan seri Surface lainnya, namun dengan casing yang terlihat lebih kecil dan juga lebih ringan. Layarnya berukuran 12,4 inci (Surface Laptop 3 memiliki layar 13,5 inci) tetapi juga memiliki resolusi yang lebih kecil yaitu 1536 x 1024 piksel dengan rasio 3: 2.

BACA JUGA  iPhone 12 Mulai Diproduksi Massal, Tapi Tanpa Dibekali Layar 120Hz

Beratnya hanya 1,45 kg, menjadikannya lebih ringan dari MacBook Air dan sebagian besar Chromebook dan sebagian besar laptop Windows dalam kisaran harga ini. Meskipun keyboardnya kecil dan ringan, ia memiliki travel 1,3mm dan trackpad Windows Precision yang besar.

Berbeda dengan Surface Go, Surface Laptop Go dibekali dengan prosesor asli yaitu Intel Core i5 generasi ke-10 (1035G1), bukan Intel Pentium Gold seperti yang dimiliki Surface Go.

Sayangnya, penurunan spesifikasi justru terjadi dengan kapasitas RAM yang hanya 4 GB dan opsi penyimpanan yaitu chip eMMC 64 GB. Keduanya mungkin merupakan komponen penting untuk laptop Windows pada tahun 2020.

BACA JUGA  Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon, Dengan Design Elegan Dan Ringan

Masalahnya, ada laptop Windows dengan kisaran harga yang sama yang memiliki RAM 8GB dan penyimpanan SSD 512GB, bahkan layarnya lebih besar, 15 inci 1080. Yakni Acer Aspire 3.

Port tersebut memiliki port USB-C dan USB-A serta port audio 3,5 mm dan port pengisian Surface Connect. Kamera web memiliki resolusi 720p, tetapi tidak kompatibel dengan Windows Hello, yang digantikan oleh sensor sidik jari yang terpasang pada tombol daya (tidak tersedia dalam versi termurah).

BACA JUGA  Dell Merilis XPS 15 Dan XPS 17 Untuk Konten Kreator Indonesia

Koneksi nirkabel ini didukung oleh WiFi 6 dan baterai dapat diisi dari kosong hingga 80% dalam satu jam. Laptop itu sendiri akan dikirimkan pada 13 Oktober.

Leave a Comment