Pengunggah Kolase Foto Ma’ruf Amin-Kakek Sugiono Berhasil Ditangkap

Tim Reserse Kriminal Polri menangkap pelaku yang mengunggah foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin disandingkan dengan bintang porno Jepang Shigeo Tokuda alias “Kakek Sugiono”. Pelaku bernama Sulaiman Marpaung, 37 tahun, ditangkap di Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Pelaku ditangkap pada Jumat (10 Februari 2020) di rumahnya di Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara. Diketahui, pelaku menggunakan akun Facebook Oliver Leaman S saat mengunggah kolase foto Ma’ruf dan ‘Kakek Sugiono’.

Atas perbuatannya tersebut, Sulaiman dijerat Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 dan Pasal 27 ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 amandemen UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Polisi menyita sejumlah barang bukti berupa telepon seluler, akun Facebook, dan kartu SIM.

BACA JUGA  Gaduh Akan Dibubarkan, Ormas FPI Bisa Bernasib Sama Seperti HTI

Kasus ini bermula ketika tangkapan layar berisi foto Ma’ruf disandingkan dengan gambar animasi wajah ‘Kakek Sugiono’ yang diunggah salah satu akun FB viral. Ada narasi ‘Jangan kau jadikan dirimu seperti Ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Diusia Senja Banyaklah Berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat’ yang ditulis pemilik akun.

Namun unggahan tersebut sudah tidak ada lagi di akun FB saat diperiksa. Selain itu, Pemilik akun menuliskan permintaan maaf kepada keluarga besar Ma’ruf kepada keluarga besar Ansor, tepatnya di Tanjung Balai.

BACA JUGA  MUI Menghimbau Masyarakat Tidak Terprovokasi Boikot Produk Prancis

Leave a Comment