Mendaki Gunung Kerinci, Sambil Menikmati Kebun Teh Tertinggi di Dunia

Di masa normal baru, Gunung Kerinci membuka kembali jalur pendakiannya. Tentunya banyak pendaki yang ingin menikmati keindahan tempat wisata Gunung Kerinci seperti perkebunan teh Kayu Aro.
Jika ke Gunung Kerinci belum lengkap rasanya kecuali mampir ke perkebunan teh Kayu Aro. Dari perkebunan ini Anda bisa melihat kemegahan Gunung Kerinci dari dekat.

Apalagi saat pagi hari saat matahari pertama kali muncul. Pesona alamnya akan memukau siapapun yang ada disini. Perkebunan teh Kayu Aro tertinggi kedua setelah perkebunan teh Darjeeling di Himalaya, India. Kebun teh ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda sekitar tahun 1925.

BACA JUGA  Bali Posisi 4 Tujuan Wisata Terbaik Dunia 2020

“Indonesia patut berbangga karena memiliki perkebunan teh tertinggi kedua di dunia. Pertama adalah perkebunan teh Darjeeling di pegunungan Himalaya India yang berada di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut. Namun jangan salah, perkebunan teh Kayu Aro tak kalah indah dari yang di Himalaya. Karena latar belakang Gunung Kerinci yang megah.

Lebih lanjut disebutkan bahwa perkebunan teh Kayu Aro memiliki ketinggian 1.600 mdpl. dengan luas 2.500 hektar. Perkebunan Teh Kayu Aro bukan hanya yang tertinggi kedua di dunia, tapi juga perkebunan teh tertua di Indonesia.

BACA JUGA  5 Tempat Wisata Paling Asyik Dikunjungi Di New Zealand

Jangan lewatkan membawa kamera ke perkebunan teh ini. Karena banyak tempat menarik untuk berfoto di sini. Mulai dari latar belakang Gunung Kerinci, hamparan hijau kebun teh, hingga perbukitan hijau yang menenangkan.

Traveler juga bisa melihat para pekerja memetik teh dan mengamati setiap tahapan proses pembuatan teh. Selain itu, Anda juga bisa melihat bangunan pabrik teh tua yang sudah ada sejak tahun 1925.

Perkebunan teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VI yang terkenal dengan aromanya yang menyengat dan rasanya yang enak. Karena kualitas terbaiknya, kebanyakan teh di sini diekspor ke Eropa, Rusia, Timur Tengah, Amerika Serikat, Asia Tengah, Pakistan, dan Asia Tenggara.

BACA JUGA  Pesona Wisata Gunung Dan Perbukitan Alahan Panjang Solok

Untuk sampai ke kebun teh, dibutuhkan waktu sekitar 8-10 jam untuk sampai ke perkebunan teh Kayu Aro. Lokasinya ada di Jambi dan persis di sebelah Sumatera Barat. Tepatnya di Giri Mulyo, Kayu Aro, Kerinci, Jambi.

Apakah anda tertarik untuk berkunjung di era normal baru? Namun, jangan lupakan protokol kesehatan seperti masker wajib, cuci tangan secara teratur, dan selalu jaga jarak!

Leave a Comment