Mencegah Anak Merasa Bosan Berada Dirumah selama Pandemi

Selama pandemi Covid-19, masyarakat di seluruh dunia disarankan untuk tidak melakukan banyak aktivitas di luar rumah. Tanpa disadari, melakukan aktivitas yang sama dengan nada monoton bisa menimbulkan rasa bosan yang menyebabkan stres.

Dalam kasus ini, anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling berisiko mengalami kebosanan. Kebosanan yang sering dialami anak disebabkan oleh pilihan yang terbatas, tidak bertemu teman dan kerabat, aktivitas yang monoton, dan perasaan beradaptasi dengan perubahan rutinitas sebelum dan saat pandemi.

BACA JUGA  Berdasarkan Penelitian, Hobi Merajut Dapat Mengurangi Stress

Psikolog anak tiga generasi Putu Andani, M.Psi, mengatakan salah satu cara mengatasi kebosanan saat pandemi adalah dengan mencoba sesuatu yang baru. Para orang tua dapat mengajari anak keterampilan atau pengalaman yang belum pernah dicoba di rumah.

“Cara termudah adalah mengenalkan anak pada kebiasaan makan yang belum atau jarang dimiliki anak sebelumnya. Dengan cara yang menghibur tentunya. Kunci dari semua proses tersebut adalah interaksi yang menyenangkan dengan anggota keluarga,” kata Putu dalam pertemuan virtual. Biarkan anak-anak memiliki diet seimbang di rumah “.

BACA JUGA  Manfaat Minyak Jojoba untuk Kecantikan Kulit Wanita

Dalam kesempatan ini, Putu juga mencontohkan cara mengajari anak cara makan enak. Paling mudah untuk melibatkan si kecil dalam menyiapkan makanan. Jika Anda memiliki dua orang, orang tua dapat memasukkan keduanya dalam persiapan makanan.

“Adiknya bisa disuruh cuci buah dan sayur. Keringkan dan taruh di tempat tertentu. Pilah jenis buah dan sayur atau makanan lain, gali nama, warna, dan rasa dari berbagai jenis makanan. Yang terakhir menghitung jumlah makanan atau alat makan yang harus disiapkan, ”lanjutnya.

BACA JUGA  Hanya Dengarkan Musik Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Sementara itu, saudara laki-lakinya dapat disuruh memotong, mencampur adonan, memasukkan dan mencampur bumbu, mengaduk makanan, menentukan porsi makanan, dan menyusun semua hidangan di atas meja.

Leave a Comment