Cara Menjaga Agar Siklus Haid Normal Dan Teratur

Beberapa wanita mengalami kram menstruasi yang tidak lancar. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena ketidakseimbangan atau perubahan hormonal atau gaya hidup yang tidak sehat.
Bagaimana menstruasi dimulai juga tergantung pada penyebabnya. Namun, kunci mendapatkan haid yang lancar adalah hidup sehat.

Periode menstruasi yang normal atau lancar terjadi ketika siklusnya 24 atau 38 hari. Sementara itu, dikatakan tidak lancar jika tidak menentu setiap bulan. Mungkin akan datang cepat atau lambat.

Cara melancarkan haid
Mengatasi menstruasi yang tidak konsisten sebenarnya tidak perlu dilakukan oleh wanita yang masih melewati masa pubertas atau sudah menopause. Namun, hal itu menjadi kewajiban bagi wanita yang masih dalam fase subur.

BACA JUGA  Ketahui Beragam Manfaat Tak Terduga dari Berendam Air Hangat

Berikut adalah cara memulai menstruasi yang dapat Anda coba dan jaga kesehatan tubuh dengan mengutip dari GoodDoctor’s GrabHealth.

1. Menjaga berat badan ideal
Perubahan berat badan dapat mempengaruhi periode menstruasi. Untuk melakukan ini, kurangi berat badan jika terlalu tinggi.
Sebaliknya, kekurangan berat badan juga tidak baik. Agar tidak kelebihan berat badan atau terlalu kurus, atur pola makan dengan porsi seimbang dan makan banyak sayur dan buah.

2. Olahraga
Olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk melancarkan haid karena banyak manfaat kesehatan yang didapat darinya. Salah satunya adalah pengobatan sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang merupakan penyebab haid tidak merata.

BACA JUGA  Manfaat Diet Keto Ampuh Lawan Diabetes, Kanker hingga Alzheimer

3. Konsumsi jahe
Jahe merupakan tanaman toga yang bisa diandalkan untuk melancarkan haid. Selain itu, jahe dapat membantu mengurangi volume darah menstruasi dalam penelitian fitoterapi pada kasus perdarahan hebat.

4. Kayu manis
Berdasarkan studi oleh American Journal Obstetrics & Gynecology, kayu manis dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk PCOS. Selain itu, kayu manis juga bisa meredakan nyeri dan pendarahan saat haid.

5. Vitamin D.
Sebuah penelitian yang dilakukan di AS menemukan bahwa vitamin D bisa menjadi cara untuk menginduksi menstruasi. Para peneliti menemukan bahwa ketidakteraturan menstruasi dikaitkan dengan kekurangan vitamin D.

BACA JUGA  Tidak Hanya Hangatkan Badan, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat!

Vitamin D biasanya ditemukan pada beberapa jenis makanan, termasuk susu dan produk olahannya. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari atau suplemen makanan lainnya.
Studi lain yang diterbitkan dalam Annals of Epidemiology menyebutkan bahwa vitamin B umumnya diresepkan untuk ibu hamil dan dapat digunakan untuk mengobati kram menstruasi. Namun, banyak penelitian yang menyeluruh diperlukan untuk lebih mendukung poin ini.

Leave a Comment