Manfaat Yang Perlu Anda Ketahui Dari Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam biasanya identik dengan sakit gigi. Namun tahukah Anda bahwa berkumur dengan air garam memiliki beberapa manfaat?
Dilansir dari Well and Good dan berkumur dengan air garam dapat menciptakan efek osmosis. Konsentrasi garam menarik cairan dari jaringan mulut dan tenggorokan untuk meredakan infeksi yang
menyebabkan nyeri.

Menurut Philip T. Hagen, editor Mayo Clinic Book of Home Remedies, air garam dapat memecah lendir yang kental sehingga alergen, bakteri, dan jamur dapat dikeluarkan dari tenggorokan Anda.

BACA JUGA  Manfaat Herbal Jahe Berdasarkan Sains yang Perlu Anda Ketahui

Lalu apa saja sih manfaat berkumur dengan air garam?

1. Meredakan sakit tenggorokan
Jika Anda mulai merasa tidak nyaman di tenggorokan, jangan terburu-buru mencari antibiotik atau ke dokter. Sebaiknya campurkan air dan garam untuk berkumur atau berkumur (kumur sampai cairannya menyentuh bagian belakang mulut). Ini bukan hanya kepercayaan atau mitos turun-temurun. Secara ilmiah, berkumur dengan air garam ternyata bisa meredakan sakit tenggorokan.

“Anda membangun benteng dari garam dan mengeluarkan banyak cairan dari jaringan di sekitar leher Anda sehingga Anda juga membersihkan virus. Garam berperan sebagai magnet bagi air. Ini bagus untuk meredakan gejala. Jika tertelan sedikit, air garam juga bisa menyebabkan dehidrasi meringankan, “mengutip Sorana Segal-Maurer, direktur Departemen Penyakit Menular di Rumah Sakit Queens, New York, mengutip Dr. James J. Rahal Jr., kutipan dari WebMD.

BACA JUGA  8 Buah dan Sayuran yang Dapat Mengatasi Dehidrasi

Namun, berkumur dengan air garam tidak selalu menyembuhkan sakit tenggorokan. Air garam tidak memiliki sifat antivirus jika peradangan disebabkan oleh virus. Namun, hal ini bisa meredakan rasa tidak nyaman saat menelan.

2. Mencegah radang gusi
Tidak perlu menunggu iritasi mulut, Anda bisa mencegahnya dengan berkumur air garam. Air garam dapat membantu mencegah radang gusi. Berkumur dapat menetralkan asam akibat invasi bakteri. Garam bisa menyeimbangkan pH mulut.

3. Mencegah infeksi saluran pernapasan
Berdasarkan Healthline, penelitian menunjukkan bahwa berkumur air garam dapat membantu mengurangi infeksi bakteri dan virus. Dengan hanya berkumur, Anda bisa meredakan demam, flu, sakit tenggorokan, dan mononucleosis (infeksi dari virus Epstein-Barr, ditularkan melalui air liur atau tetesan yang batuk dan bersin).

BACA JUGA  Manfaatkan Air Kelapa Muda Untuk Turunkan Berat Badan

Selain itu, air garam juga dapat melindungi Anda dari penularan jamur infeksi, termasuk kandida. Jamur yang satu ini tidak hanya menyerang mulut tapi juga area genital.

4. Atasi obstruksi jalan nafas
Kondisi medis tertentu dapat menyebabkan penyumbatan saluran napas, seperti flu atau demam. Cara terbaik adalah berkumur dengan air garam untuk mengikis lendir di saluran udara dan saluran hidung.

Hati-hati saat mencampur garam dan air. Jaga volume garam tetap rendah. Untuk satu cangkir air (sekitar 236 mililiter) Anda membutuhkan setengah sendok teh garam. Terlalu banyak garam dapat mengeringkan jaringan mulut dan tenggorokan.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Pastikan Kualitas Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif?

5. Menghilangkan bau mulut
Jika Anda merasa tidak nyaman dan aman tentang bau mulut, Anda cukup mengandalkan air garam. Air garam dapat menetralkan kondisi asam di mulut melalui bakteri. Bakteri biasanya berkembang biak dan menyukai lingkungan asam di mulut.

Tidak hanya menghilangkan bau mulut, berkumur dengan air garam juga bisa menyehatkan gigi dan mulut Anda. Dalam ulasan tahun 2010, berkumur dengan air garam secara teratur membantu mengurangi jumlah bakteri yang ditemukan di air liur.

BACA JUGA  Jumlah Telur Yang Aman Kita Konsumsi Setiap Hari

Leave a Comment