Cara Menghilangkan Embun Pada Kaca Mobil Saat Hujan

Embun yang muncul pada kaca depan bagian dalam sangat mengganggu aktivitas berkendara. Meski terlihat sepele, namun kondisi ini berpotensi membahayakan karena penglihatan pengemudi yang terbatas.

Kondisi embun di bagian dalam kaca depan sering terjadi karena suhu luar mobil lebih dingin daripada suhu bagian dalam akibat hujan. Embun akan semakin tebal jika AC mobil (AC) tidak menyala.
Untuk menghindari kelembapan di kaca depan, kami memiliki berbagai pilihan. Usulan ini dinilai efektif untuk kendaraan tanpa AC.

BACA JUGA  All New Honda City Hybrid Berteknologi i-MMD Resmi Diluncurkan

1. Nyalakan AC
Yang pasti AC bisa menghilangkan kelembapan dari kaca depan. Pengemudi tinggal mengatur suhu AC sesuai pemakaian.

2. Aktifkan defogger
Defogger biasanya untuk bagian belakang kaca depan. Bentuknya adalah garis-garis yang menyimpan kawat tipis baik secara vertikal maupun horizontal sebagai kondensor panas. Memiliki defogger di musim hujan bisa membantu menghilangkan embun sehingga penglihatan pengemudi bisa melihat bagian belakang dengan lebih jelas.

Untuk mengaktifkan defogger, cukup tekan tombol dengan tiga panah melengkung di dashboard Anda.

BACA JUGA  Toyota New Fortuner Harganya Tembus Rp 700 Juta

3. Oleskan sampo rambut
Bila Anda telah menggunakan fungsi yang tersedia di dalam mobil. Kali ini, Anda bisa mengoleskan sampo rambut sebelum mulai mengemudi. Formula dalam sampo rambut sebenarnya mencegah penumpukan kelembapan karena kelembapan dipertahankan di sekitar kaca.

Cara penggunaannya pun mudah. Anda cukup mengoleskan sedikit sampo pada kaca depan bagian dalam (tapi jangan dicampur dengan air), lalu seka kaca dengan kain sintetis yang agak lembab (chamois) (jangan dicampur air) searah lurus (searah) searah agar kaca tidak buram).

BACA JUGA  ISUZU Persiapkan Unit Baru Penantang Fortuner Dan Pajero Sport

Setelah hujan reda dan cuaca cerah kembali, segera seka sampo di kaca depan Anda dengan kain hingga bersih.

4. Gunakan tembakau untuk menghilangkan embun
Selain sampo, tembakau juga bisa menghilangkan kelembapan kaca depan saat hujan. Kandungan nikotin dalam tembakau dipercaya dapat menyerap kelembapan dan mencegah kaca dari kondensasi saat suhu menjadi sangat dingin atau hujan.

Pemakaiannya sama, cukup mengolesi tembakau rokok di bagian dalam gelas. Disarankan agar Anda lebih berhati-hati saat mengoleskan tembakau agar tidak menggores kaca depan dari campuran potongan cengkeh. Terapkan perlahan dan merata, mengutip Seva.

BACA JUGA  Cek Harganya, All New Yamaha Aerox 155 Versi MotoGP Resmi Dijual

Leave a Comment