Penukaran Uang Rp 75 Ribu Edisi Kemerdekaan Bisa Disemua Bank

Bank Indonesia memperluas akses bursa pada HUT ke-75 Republik Indonesia (UPK 75 RI). Sebelumnya, akses penukaran mata uang Edisi Khusus hanya dapat dilakukan melalui 5 bank komersial.

Namun, hingga saat ini, BI menawarkan kepada semua bank peluang sebesar-besarnya untuk menjadi lembaga penagih utang atau koordinator pendaftar pelunasan UPK 75 RI yang bersatu melalui sistem penukaran mata uang kolektif.

“Dengan sistem ini, masyarakat yang ingin menukar UPK 75 RI cukup mendaftar ke bank umum terdekat di wilayahnya dan mengambil UPK 75 RI dari bank tempat mereka terdaftar,” ujar Onny Widjanarko, Kepala BI. Departemen Komunikasi, dari pernyataan tertulis pada Kamis 1 Oktober 2020.

BACA JUGA  Bisnis Tanaman Hias yang Semakin Menggiurkan di Tengah Pandemi

Selain bank umum, jelas Onny, lembaga, instansi, korporasi, dan organisasi secara bersama-sama dapat menggunakan mekanisme yang sama untuk menjadi pooling coordinator bagi korporasi atau lembaganya untuk menukar uang pengeluaran khusus tersebut.

Institusi tersebut dapat mengirimkan email dengan form aplikasi dan data exchanger ke UPK 75 Bursa Kolektif RI PIC di kantor BI sesuai wilayah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan bukti pemesanan penukaran dan untuk melaksanakan penukaran pada waktu dan tempat yang tertera dalam bukti pemesanan.

BACA JUGA  Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 3,75 Persen

Lebih lanjut dikatakannya, warga dewasa Indonesia yang memiliki KTP berhak menukar 1 UPK 75 RI, sesuai dengan program penukaran kolektif yang sudah berjalan. Tukar kolektif dilakukan dengan jumlah minimal 17 orang dan tidak ada batasan maksimal.

Informasi lengkap dan dokumen yang dibutuhkan untuk kolektif sharing terdapat di dalam aplikasi PINTAR, tambahnya.
Selain mekanisme kolektif, BI akan membuka dan memperluas layanan penukaran individu melalui aplikasi PINTAR pada hari kerja hingga 30 Oktober 2020.

BACA JUGA  IHSG Diprediksi Turun, Potensi Sinyal Negatif Masih Berlanjut

“BI mengimbau masyarakat yang akan menukar UPK 75 RI untuk terus menerapkan protokol COVID-19,” kata Onny.

Leave a Comment