Hampir Setengah Penduduk Argentina Jadi Miskin Kena Dampak Corona

Hampir setengah dari populasi Argentina menjadi miskin pada kuartal kedua tahun ini sebagai akibat dari efek brutal pandemi virus corona.

Merilis data resmi pemerintah, Universitas Katolik Argentina (UCA) memperkirakan tingkat kemiskinan akan meningkat antara 46% dan 47% pada akhir Juni, setelah beberapa bulan lockdown ketat untuk melawan virus corona.

“Ada kemiskinan yang lebih umum. Kami semua sedikit lebih miskin. Kami seperti itu tahun lalu dan sekarang memiliki kesenjangan yang lebih besar,” kata peneliti UCA Agustin Salvia.
Dia mengatakan dampak pandemi adalah hilangnya 3,5 juta pekerjaan, sebagian besar di sektor informal, yang bertanggung jawab atas angka kemiskinan 40,8% yang dicatat oleh UCA akhir tahun lalu.

BACA JUGA  Inggris, Prancis, dan Jerman Bersama Mengcam Klaim China Atas LCS

Garis kemiskinan di negara ini adalah $ 193 per bulan. Menurut badan statistik resmi pemerintah, Indec, 35,5% orang Argentina hidup dalam kemiskinan pada paruh kedua tahun 2019. Indec akan segera merilis data resmi untuk paruh pertama tahun 2020.

Data tersebut mencerminkan kenyataan sehari-hari warga Argentina seperti Guillermo Garay, yang bekerja sebagai pedagang kaki lima di acara olahraga dan mengakui bahwa mata pencahariannya telah hilang dalam penguncian.

“Saya bertahan hidup karena keluarga membantu saya, karena saya tidak mungkin melakukan apapun,” ujar Garay sambil menjual bendera Argentina saat unjuk rasa di ibu kota Buenos Aires.

BACA JUGA  Polisi Ciduk 2 Pria Bersenjata Di Lokasi Penghitungan Suara Pilpres AS

Leave a Comment