Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Akan Di Pimpin Langsung Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1 oktober 2020) di Tugu Peringatan Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara akan berlangsung pada pukul 08.00-08.30 WIB.

Terkait peringatan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran tentang penyelenggaraan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020. Ada sejumlah masalah yang masuk ke otoritas pusat, regional dan lokal.

Tema upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila. Namun, dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh instansi baik di pusat, daerah maupun perwakilan Indonesia di luar negeri diminta untuk mengikutinya secara virtual dari kantornya masing-masing.

BACA JUGA  Kabar Duka, Pollycarpus Meninggal Dunia Karena Virus Corona

“Para menteri, pimpinan lembaga negara / lembaga pusat, dan para pemimpin senior atau sederajat wajib hadir dalam peringatan Hari kesaktian Pancasila yang dilaksanakan secara virtual dari kantor masing-masing pada Peringatan Pancasila Sakti Jakarta,” tulis Nadiem dalam surat edaran tersebut. “kata Nadiem.

Tak hanya itu, para pimpinan daerah atau forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda), dinas / lembaga di daerah wajib menghadiri Upacara Peringatan Pancasila yang berlangsung secara virtual dari kantornya masing-masing di Tugu Pancasila Sakti Jakarta.

BACA JUGA  Jasamarga Katakan CCTV Tol Cikampek Mati Sejak 6 Desember Dinihari

Badan nasional dan daerah serta seluruh masyarakat diminta juga mengibarkan bendera merah putih lengkap. Meski sebelumnya diminta pengibaran bendera setengah tiang pada 30 September 2020.

Leave a Comment