Mengapa Orang Tua Harus Bacakan Cerita Hingga Anak Masuk TK?

Tidak dapat dipungkiri bahwa membiasakan anak membaca buku merupakan kewajiban orang tua. Namun, ternyata tidak banyak orang tua yang menjalankan tugasnya dalam kasus ini.

Hal tersebut tercermin dari rendahnya minat baca. Menurut statistik UNESCO tahun 2012, indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya dari 1.000 orang, hanya satu orang yang tertarik membaca. Begitu pula menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), budaya membaca masyarakat Indonesia paling rendah di antara 52 negara di Asia Timur.

BACA JUGA  5 Cara Mengobati Kulit Terbakar Paparan Sinar Matahari Secara Alami

Tapi apakah orang Indonesia benar-benar benci membaca? Ataukah ada masalah lain di balik masalah ini?

Aktivis Gerakan Literasi Sekolah Indonesia Satria Dharma menekankan bahwa minat baca anak Indonesia sama dengan anak di negara maju mana pun. Namun, kebiasaan tersebut tidak dibudidayakan sejak usia dini. Jadi dia menyarankan agar setiap orang tua membacakan 1.000 buku untuk anak-anak mereka sebelum mereka masuk taman kanak-kanak.

“Membaca 1000 buku pada saat anak masuk taman kanak-kanak merangsang otak dan mengenalkan anak pada buku-buku yang membuat mereka membaca,” kata Satria dalam webinar #IndonesiaCintaMembaca: Manfaat Mendongeng untuk Perkembangan Karakter Anak, diprakarsai oleh Tanoto Foundation, Rabu (30/9/2020).

BACA JUGA  Empat Hal Yang Dapat Anda Lakukan Cegah Rambut Tak Berminyak

Awalnya, orang tua bisa mendengar dengan jelas usia anak, biasanya pada usia 3 bulan. Di usia ini, Satria menyarankan, orang tua sudah bisa mulai membaca.

“Selain itu, memiliki anak yang sering mengajak anak mengobrol bisa menjadi awal yang baik, agar anak menyukai buku dengan cerita yang sering didengar,” imbuhnya.

Jika menurut Anda jumlah 1000 buku terlalu banyak, Anda bisa melakukannya dengan pendekatan kolektif. Jadi Anda tidak hanya menciptakan generasi yang berkualitas, tetapi Anda membantu komunitas lain mencapai tujuan yang baik, yaitu upaya literasi dini.

BACA JUGA  Penyebab Susah Kecilkan Perut Buncit Meski Sudah Rutin Olahraga

“Dengan upaya bersama ini misalnya, Anda mendorong pemerintah daerah untuk memperbanyak koleksi buku perpustakaan dengan memasukkan buku-buku khusus anak muda,” ujarnya.

Leave a Comment