Pakai Masker Lebih Aman Dari Pada Hanya Menggunakan Face Shield

Pemerintah telah menetapkan bahwa penggunaan masker sebagai penutup mulut dan pakaian merupakan protokol wajib untuk mencegah penularan COVID-19. Selain itu, kata para ahli. Penyebaran virus corona bisa diminimalisir dengan memakai masker.

Sampai saat ini, cukup banyak yang menggunakan Face shield pelindung wajah atau masker untuk mencegah penularan. Lantas mana yang lebih efektif dalam mengurangi risiko penularan COVID-19?

Hal tersebut dibenarkan oleh dokter spesialis kesehatan masyarakat, Prof. Dr. Hasbullah Thabany, MPH, Dr PH, yang mengatakan bahwa masker dan pelindung wajah dapat mencegah penularan. Ini hanya efektivitas yang berbeda dalam melindungi sumber masuk dari virus.

BACA JUGA  Kenali Penyebab Serta Pertolongan Pertama Pada Penderita Epilepsi

“95 persen melindungi dari virus corona. Misalnya, dari setiap 100 orang yang memakai masker, 5 orang bisa tertular virus dan 95 lainnya terlindungi,” kata Hasbullah .

Sementara itu, Hasbullah memperkirakan penggunaan pelindung wajah dapat melindungi tubuh dari penularan virus corona sekitar 66 persen. Misalnya, jika di mana saja 100 orang memakai pelindung wajah, 34 orang bisa terinfeksi.

Ini karena pelindung wajah tidak melindungi area di bawah wajah seseorang, sehingga memungkinkan mereka untuk menghirup angin yang membawa virus. Jika ingin lebih maksimal, Hasbullah menyarankan perlindungan ganda dengan memakai masker dan pelindung wajah dalam waktu bersamaan.

BACA JUGA  Camilan Yang Aman Dikonsumsi Dan Tidak Bikin Berat Badan Anda Naik

“Perlindungan ganda itu yang terbaik. Jadi efektifitasnya 98 persen, jadi 98 dari 100 orang bisa terlindungi dari COVID-19,” ujarnya.

Leave a Comment