Obat Alami Pertolongan Pertama Saat Anda Diserang Flu

Banyak orang sering bingung antara flu dan pilek. Faktanya, flu dan pilek adalah dua kondisi kesehatan yang berbeda.
Pilek umumnya datang secara bertahap, dengan gejala yang lebih ringan, sehingga tidak terlalu memengaruhi rutinitas orang tersebut. Meskipun flu biasanya lebih parah, namun dapat memengaruhi aktivitas orang tersebut. Selain itu, masa inkubasi flu juga lebih singkat.

Agar tidak semakin parah, flu perlu segera ditangani. Daripada mengonsumsi obat-obatan, cobalah menggunakan bumbu dapur untuk menghilangkan masuk angin. Lalu apa saja ramuan yang bisa digunakan sebagai obat flu? Berikut adalah review dari halaman Solopos.

BACA JUGA  Hindari Beberapa Makanan Ini Agar Anda Cepat Pulih Dari Flu

Air garam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air garam dapat membantu mencegah gejala pilek semakin parah. Larutan air garam tersebut dapat mengencerkan lendir yang menempel di hidung dan tenggorokan.

Anda mencampurnya dengan melarutkan setengah sendok makan air garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur larutan air garam tersebut selama 30 sampai 60 detik lalu buang. Solusi ini tidak disarankan untuk menelan.

Jahe

Jahe mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mengatasi influenza yang sedang Anda derita. Untuk mengobati flu, Anda perlu menumbuk setidaknya 1-2 potong jahe lalu masak hingga mendidih. Kemudian minum air rebusan jahe tersebut selagi hangat. Jahe hangat bisa membantu mengencerkan dahak, melegakan pernapasan, dan menghangatkan tubuh.

BACA JUGA  AS Dibayangi Ancaman Infeksi Ganda Flu dan Covid-19 Di Musim Gugur

Kencur

Kencur mengandung flavonoid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang dipercaya sebagai antibakteri. Mirip dengan jahe, kencur juga memiliki khasiat pereda flu.
Mencampur itu mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghancurkan kencur yang sudah dibersihkan lalu merendamnya dalam air panas. Minum air rebusan kencur tersebut dalam keadaan hangat. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk meracik sendiri, Anda dapat membeli Herbal Kencur Herbs. Untuk proses yang lebih cepat dan lebih baik, dianjurkan minum jamu kencur dua kali sehari.

BACA JUGA  Manfaat Susu Kacang Almon Untuk Jaga Kesehatan

Bawang merah

Bawang merah mengandung fitokimia dan sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi flu dan batuk. Cukup dengan mengiris atau menumbuk bawang merah, lalu hirup aromanya, ini akan memudahkan pernapasan Anda.

lada

Dikutip dari laman polahidupsehat, merica dikatakan memiliki rasa yang agak pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Untuk mengkonsumsinya sebagai obat flu, Anda bisa menambahkan lada pada masakan yang dikonsumsi. Misalnya soto atau sup lainnya. Rasa pedas dari lada menenangkan hidung dan tenggorokan.

BACA JUGA  Tips Terhindar Dari Covid-19 Bagi Anda Yang Masih Aktif Dikantor

cabai

Bagi penyuka pedas, cabai menjadi bagian penting dalam masakan yang bisa meredakan flu. Rasa cabai yang tajam dapat melegakan saluran udara di hidung dan tenggorokan.
Cabai kaya akan vitamin C yang tentunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Virus di dalam tubuh dapat dilawan dengan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Cabai juga bisa mengencerkan lendir yang menyumbat saluran udara.

Leave a Comment