Perawatan Belt CVT Secara Rutin Agar Tahan Lama

Sepeda motor matik saat ini menjadi pilihan banyak orang di Indonesia. Kemudahan penggunaan tanpa mengganti persneling menjadi salah satu alasan sepeda motor matic begitu diminati. Namun motor matik tidak hanya digunakan, tetapi juga membutuhkan perawatan.

Perawatan mesin otomatis tidak hanya sekedar mengganti oli. Selain itu, bagian transmisi CVT juga harus diperhatikan oleh pemilik sepeda motor matic. Tak jarang para pemilik motor matic mengeluh sabuk CVT tiba-tiba putus di tengah jalan. Ini mencegah tenaga tidak mengalir ke roda belakang.

BACA JUGA  KIA Akan Segera Luncurkan Mobil Terbaru November Ini Di Indonesia

Di dalam CVT terdapat banyak komponen yang saling berhubungan, seperti: roller, lapisan kopling ganda, cangkang kopling di sabuk. Dan dari komponen-komponen tersebut, yang terpenting adalah sabuknya. Belt ini menghubungkan katrol penggerak (katrol depan) ke katrol penggerak (katrol belakang) untuk menggerakkan roda.

Dalam siaran pers yang diterima dari Planet Ban, sabuk CVT biasanya bisa putus karena keausan. Banyak pemilik sepeda motor matic yang lalai memeriksa komponen ini karena posisinya tertutup. Selain itu, alat khusus seperti treker dan tali pengikat diperlukan untuk melepaskan komponen ini.

BACA JUGA  Pahami Cara Merawat 3 Komponen Vital di CVT Motor Matik Anda

Selain itu, perawatan CVT otomatis mesin biasanya memerlukan biaya tambahan di luar servis. Namun, ini bukan alasan Anda untuk memeriksa CVT mesin matic Anda. Karena dengan mengecek bagian CVT, motor kesayangan Anda akan tetap enak dikendarai.

Arie Saputra, Head of Planet Ban Mechanic, mengatakan berbagai perawatan bisa dilakukan untuk mencegah belt CVT putus di tengah jalan. Salah satunya menyemprotkan cairan khusus.

“Jika belum menunjukkan tanda-tanda fisik rapuh atau retak, maka belt disemprot cairan rekondisi belt agar lentur kembali. Hal ini untuk mencegah belt tiba-tiba putus di jalan,” ujarnya. Namun jika belt sudah aus secara fisik, maka harus segera diganti agar performa mesin matik tetap maksimal.

BACA JUGA  SUV Murah Nissan Magnite Laris Manis, 5 Hari Laku Terjual 5.000 Unit

Leave a Comment