Cara Agar Akun Instagram Kamu Aman Dan Tidak Diretas

Kini kembali marak aksi meretas akun media sosial termasuk Instagram yang digunakan oleh publik. Pencurian akun hingga melakukan berbagai hal negatif, mulai dari menghasut hingga mencari keuntungan materi.

Akun Instagram yang diretas atau akun media sosial lainnya biasanya memiliki pengikut dalam jumlah besar. Karena ini mempermudah pencapaian tujuan mereka.
Lalu bagaimana sebenarnya Anda melindungi akun Instagram dan media sosial lainnya dari peretasan? Berikut jawabannya, dikutip dari Thrive Global, Selasa (29/9/2020).

BACA JUGA  Coba Terapkan 4 Langkah Berikut Untuk Tingkatkan Kinerja Laptop Anda

1. Waspadai akun palsu

Berhati-hatilah dengan akun palsu yang mungkin berisi bot atau alat peretasan. Akun tersebut mengikuti akun Instagram acak dengan harapan mendapatkan akses ke kata sandi target.
Selain itu, pastikan Anda tidak membuka pesan langsung (DM) yang dikirim dari akun palsu. Ini karena DM dapat memuat alat dan program peretasan yang melacak kata sandi dan kredensial Anda yang memungkinkan akses peretas.

2. Jangan mengikuti profil yang mencurigakan

Ada banyak cara untuk menemukan profil yang mencurigakan, meskipun mungkin diberi nama sesuai artis favorit Anda. Ini sebenarnya salah satu cara paling umum yang digunakan peretas untuk masuk ke akun dan profil Anda. Sederhananya, jika Anda tidak mengenal orang atau profil yang baru-baru ini mengikuti Anda, pastikan Anda berhenti mengikuti mereka.

BACA JUGA  Amankan Ponsel Anda Dari Peretasan Dengan Cara Berikut Ini

Beberapa pengenal unik untuk profil yang mencurigakan ini biasanya sudah tidak aktif dalam upload terbaru selama beberapa bulan. Maka jumlah pengikut mereka mungkin terlalu rendah atau tidak sama sekali. Terakhir, kemungkinan besar mereka tidak memiliki foto profil di profilnya atau selebritas yang Anda sukai.

3. Hati-hati saat membuka link eksternal

Risiko peretasan lainnya adalah membuka tautan eksternal yang mencurigakan. Alat hack dapat disematkan di profil pembelian dengan setiap jenis produk.
Mengetuk bagian atas, jam, casing ponsel, atau tautan elemen lainnya dapat memindahkan Anda ke tautan eksternal. Tautan eksternal ini mungkin atau mungkin tidak meminta detail login Anda.

BACA JUGA  Spesifikasi Dan Harga Oppo Reno5 dan Reno5 Pro yang Baru Dirilis

Dalam kedua kasus tersebut, kode berbahaya di tautan eksternal dapat meretas kata sandi dan data masuk Anda. Peretas dapat mengakses informasi ini dari sistem mereka dan mengambil kendali penuh atas akun Anda. Anda sebaiknya hanya membuka tautan eksternal ke situs dan profil yang Anda percayai .

4. Hindari melihat unggahan Instagram dari platform lain

Jika Anda menjelajah online melalui Google Chrome atau browser lain, Anda biasanya dapat diarahkan ke unggahan atau gambar Instagram tertentu. Ini mungkin terdengar tidak berbahaya dan dengan ramah akan menampilkan posting yang ingin Anda lihat. Tetapi kenyataannya adalah bahwa ini adalah taktik yang digunakan oleh peretas untuk meretas kredensial Anda.

BACA JUGA  Cara Jitu Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Dan Kejahatan Cyber

Ketika Anda mengetuk tautan palsu ini, Anda akan sering diminta untuk memasukkan kembali informasi login Anda. Orang biasa yang tidak tahu apa-apa tentang peretasan dan kemudahan untuk melakukannya segera memasukkan kredensial mereka.

Halaman login ini mungkin terlihat seperti halaman login Instagram biasa, tetapi kenyataannya bisa jadi itu adalah perangkat lunak yang dioperasikan oleh peretas. Setelah Anda memasukkan detail Anda di halaman ini, peretas akan segera menerima salinannya.

Anda harus menghindari tautan tidak langsung ke akun Instagram Anda. Meskipun mereka tidak meminta kredensial Anda, mereka masih dapat memiliki kode yang akan mengungkapkan kata sandi Anda kepada peretas.

BACA JUGA  Deretan Produk Apple Yang Baru diumumkan di Acara Spring Loaded

Leave a Comment