Erdogan Minta Armenia Segera Tinggalkan Nagorno-Karabakh

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan Armenia harus segera mundur dari wilayah Azerbaijan yang didudukinya. Erdogan juga mengatakan sudah waktunya untuk mengakhiri krisis wilayah yang memisahkan diri setelah bentrokan berulang antara pasukan Azerbaijan dan Armenia.

Sedikitnya 21 orang tewas pada Senin, hari kedua pertempuran sengit, di Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah di Azerbaijan yang dikelola oleh etnis Armenia. Ankara telah berjanji mendukung penuh Azerbaijan dalam konflik tersebut.

“Sudah waktunya untuk mengakhiri krisis di wilayah yang dimulai dengan pendudukan Nagorno-Karabakh. Wilayah akan menemukan kedamaian kembali segera setelah Armenia menarik diri segera dari tanah Azerbaijan yang diduduki,” kata Erdogan.

BACA JUGA  Saudi Akan Terima Jamaah Ibadah Umrah Bertahap Mulai 4 Oktober

Kelompok Minsk yang dipimpin oleh Rusia, Prancis, dan Amerika Serikat (AS) serta penengah antara Armenia dan Azerbaijan, lanjutnya, belum menyelesaikan masalah tersebut selama hampir 30 tahun.
“Azerbaijan harus menghadapi masalahnya sendiri, suka atau tidak suka. Turki akan terus mendukung Azerbaijan dengan segenap sumber daya dan hatinya,” kata kepala negara Turki itu.

Namun, Erdogan belum secara langsung membahas apakah Turki saat ini memainkan peran aktif dalam konflik tersebut, seperti yang dikatakan Armenia.

BACA JUGA  Azerbaijan Ancam Armenia Jika Serang Jaringan Pipa Minyak

Leave a Comment