Arahan Mini Lockdown Jokowi Didukung Oleh Partai Gerindra DKI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak para pemimpin daerah untuk turun tangan dalam memerangi penyebaran virus corona (COVID-19) di tingkat lokal atau dengan mini-lockdown. Fraksi Gerindra di DPRD DKI Jakarta menilai usulan tersebut lebih baik karena memiliki tujuan yang lebih tajam.

“Nah, menurut saya usulan presiden itu terlaksana dengan baik sehingga tujuannya semakin terlihat jelas dari waktu ke waktu,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, M Taufik, saat dihubungi, Senin. 9 /). 28/2020).

BACA JUGA  Kapan Perjalanan Luar Negeri Kembali Normal, Berikut Penjelasan Menlu

Taufik mencatat, Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melakukan pengendalian penyebaran virus corona di tingkat daerah. Padahal, menurutnya, aplikasi ini bisa lebih tajam saat berhadapan dengan Corona.

“DKI tidak pernah melakukan lockdown di tingkat RT mengingat wilayahnya banyak yang terekspos atau di tingkat RW. Ini semakin mempertajamnya,” kata Taufik.
Ia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan dibatasi dengan menetapkan zona merah menjadi RT atau RW.
Dia menyebut Pemprov DKI terkendala pemetaan zona merah hingga RT atau RW. Sehingga, kata dia, belum bisa menerapkan arahan Jokowi soal mini-lockdown.

BACA JUGA  Penjelasan Satgas Tentang Perbedaan Data Kematian Pasien Covid-19

“Terkait intervensi di tingkat daerah, saya harus tegaskan kembali kepada komite penanganan covid bahwa intervensi di tingkat daerah ini harus disalurkan ke provinsi, kabupaten dan kota,” kata Presiden Jokowi saat membuka laporan komite penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, seperti yang disiarkan di saluran YouTube. Sekretariat Presiden, Senin (28 September).

Jokowi mengatakan intervensi lokal atau pembatasan sosial skala mikro (PSBM) lebih efektif dalam mengendalikan penularan virus. Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa mini-lock yang sudah berkali-kali dikenalkan dinilai efektif.

BACA JUGA  Indonesia Belum Buat Kontrak Pembelian Vaksin AstraZeneca

“Artinya pembatasan berskala mikro, baik itu di tingkat desa, kampung, RW/RW, kantor/ponpes, saya kita itu lebih efektif. Mini-lockdown yang berulang itu akan lebih efektif,” ucap Jokowi.

Leave a Comment