Ditjen PAS Mulai Periksa Saksi Kaburnya Napi Narkoba WN China

Tim gabungan masih mencari keberadaan seorang WN China, Cai Cangpan, yang kabur dari Lapas Tangerang. Sejauh ini, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah memeriksa 8 narapidana dan 14 petugas terkait pelarian Cai Cangpan.

“Sejauh ini tim gabungan masih mencari lokasi yang bersangkutan, namun seluruh tim berupaya semaksimal mungkin untuk menemukan Cai Cangpan,” ujar Direktur Humas dan Protokol PAS Rika Aprianti saat dihubungi. , Senin (28/9/2020).

Rika juga mengatakan bahwa 8 tahanan telah diwawancarai tentang pelarian Cai Cangpan. Selain itu, 14 petugas pengawas diwawancarai oleh Tim Investigasi PAS.

BACA JUGA  Malaysia: Pelaku Pengunggah Parodi Lagu Indonesia Raya Adalah WNI

“Saksi sendiri ada 8 narapidana dan 14 petugas yang diperiksa tim Ditjenpas. Bisa ditanyakan polisi,” ujarnya.
Rika juga mengungkapkan, pemeriksaan tim investigasi belum mengungkap adanya bukti keterlibatan petugas Lapas. Namun, pihaknya mendesak agar kejadian ini diungkap sejelas mungkin.

“Selama ini berdasarkan pemeriksaan tim penyidik ​​kita oleh Ditjen PAS belum ada bukti keterlibatannya ya, belum ada bukti keterlibatan petugas kita. Penyidikan sudah dilakukan, semua pasti dicurigai tidak bersalah, tapi tetap saja kepemimpinan kita sudah berubah. berkoordinasi dengan polisi atau Polda untuk mengungkap ini. Fakta sebenarnya dari kejadian ini sejelas mungkin, ”ujarnya.

BACA JUGA  Vaksinasi Dimulai Hari Ini, Ingat 2 Cara Pengecekan Penerima Vaksin

Seperti diketahui, Cai Cangpan kabur dari penjara Tangerang, Senin (14/9). Cai Cangpan lolos dengan mendobrak dinding sel dan membuat lubang melalui parit di sisi bangunan.
Napi menggali lubang selama sekitar 5 bulan sebelum akhirnya kabur. Dia melarikan diri dan menggali lubang dengan obeng dan besi.

“Kenapa dapat alat? Karena di penjara dekat tempat ini ada pembangunan dapur, alat ini dipakai,” kata Direktur Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan dari Polda Metro Jaya di Jakarta, Selasa (22). Jakarta / 9).

BACA JUGA  Daftar 10 Calon Kepala Daerah Terkaya, Nomor 1 Hartanya Rp674 Miliar

Diduga, Cai Cangpan menggali lubang sel tersebut selama berbulan-bulan. Hal ini ditemukan setelah petugas memeriksa teman satu sel narapidana narkoba.
Dia butuh waktu lebih dari 5 bulan untuk menggali tempat itu,” imbuh Yusri.

Leave a Comment