Inspirasi Olahan Camilan Ubi Jalar Atau Ubi Ungu Selain Dikukus

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi tubuh. Selain nasi dan kentang, Anda juga bisa menjadikan ubi jalar sebagai alternatif sumber karbohidrat.
Dalam 100 gram ubi jalar, Anda mendapatkan 21,3 gram karbohidrat, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, 2,4 gram serat, dan 87 kalori. Makan ubi jalar juga memasok tubuh dengan beta-karoten, vitamin C, dan kalium.

Selama ini ubi jalar biasanya diolah dengan cara dikukus. Namun, ada beberapa cara mengolah ubi jalar lain yang tak kalah menarik.

BACA JUGA  Resep Soto Betawi Untuk Hidangan Sarapan Keluarga Di Akhir Pekan

1. Ubi panggang
Kreasi roti bakar alpukat tidak harus menggunakan roti gandum utuh. Anda bisa mengganti rotinya dengan ubi. Anda hanya perlu menyiapkan ubi jalar dan memotongnya sedikit lebar. Kurangi ketebalan ubi agar proses pemanggangan tidak memakan waktu terlalu lama.

Siapkan topping biasa seperti irisan alpukat dan telur mata sapi. Panggang ubi jalar sambil menyiapkan topping. Setelah ubi berubah warna dan empuk, sajikan dengan topping sesuai selera.

2. Ubi serut, telur panggang
Ubi serut bisa menghasilkan serpihan tipis. Ubi jalar bisa dicampur dengan berbagai macam bumbu seperti bubuk pala dan daun sage. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica bubuk.

BACA JUGA  Resep Rumahan Mie Kangkung Udang Yang Lezat Dan Gurih

Setelah ubi dipanggang sebentar, tambahkan telur sesuai selera, lalu panggang kembali hingga telur matang.

3. Ubi panggang isi
makanan berbahan dasar ubi bisa menjadi makanan yang nyaman hanya dengan 5 menit untuk disiapkan. Yang harus Anda lakukan adalah membelah ubi jalar dan mengikisnya dari tengah, menyisakan daging setebal 1 cm yang menempel di kulit.

Kemudian tambahkan telur dan panggang selama kurang lebih 5 menit. Sajikan dengan bacon cincang, alpukat, atau mayones.

4. Keripik ubi jalar
Apakah Anda ingin makan tanpa takut tubuh melar? Ubi jalar bisa jadi solusinya.
Anda hanya bisa membuat kentang goreng dengan ubi menggunakan minyak zaitun. Anda cukup menyiapkan ubi jalar, mengupasnya, dan memotongnya menjadi irisan tipis. Siapkan wadah dan susun irisan ubi jalar. Panggang dengan suhu 350 derajat selama sekitar 15 menit.

BACA JUGA  5 Jenis Karbohidrat Yang Baik Untuk Program Turunkan Berat Badan

5. Sweet potato fries
Mengapa tidak membuat kentang goreng daripada membeli kentang goreng? Ubi jalar bisa menjadi camilan yang enak tanpa melalui proses penggorengan.
Potong ubi jalar memanjang dan olesi dengan minyak zaitun. Panggang selama 40-60 menit pada suhu 400 derajat. Taburi dengan cabai rawit atau garam laut untuk menambah rasa.

Leave a Comment