General Motors Tengah Kembangkan Mobil Listrik Baterai Wireless

Banyak perusahaan otomotif dunia berlomba-lomba mengembangkan mobil listriknya. Memang perkembangannya menambah inovasi-inovasi terbaru.

Salah satunya yang dilakukan oleh General Motors (GM) yang mengumumkan akan mengembangkan mobil listrik yang akan menggunakan baterai full wireless.

GM mengklaim sebagai produsen mobil pertama yang menggunakan teknologi ini. GM bekerja sama dengan Analog Device Inc. untuk mengembangkannya.
Menurut situs resmi GM, Minggu (27/9/2020), teknologi tersebut dinamakan wBMS (Wireless Battery Management System). Penciptaannya diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil listrik GM.

BACA JUGA  BMW Recall Mobil Listrik dan Plug-In Hybrid karena Berpotensi Terbakar

Berkat teknologi baterai nirkabel ini, mobil listrik GM tidak lagi membutuhkan skema kabel yang rumit.
Memang, wBMS diharapkan dapat membantu memastikan skalabilitas baterai Ultium dalam rangkaian produk GM di masa mendatang.

Struktur dasar yang tertanam dalam wBMS dapat dengan mudah menerima fungsi baru segera setelah perangkat lunak tersedia.
Dengan pembaruan nirkabel yang ditingkatkan oleh Vehicle Intelligence Platform, sistem ini bahkan dapat diperbarui dari waktu ke waktu dengan fungsi berbasis perangkat lunak baru, mirip dengan sistem operasi pada telepon pintar.

BACA JUGA  Sudah Resmi! Ini 21 Jenis Mobil yang Dapat Keringanan PPnBM 0%

Karena tanpa kabel di baterainya tidak terpakai hingga 90%, mobil listrik GM di masa depan akan lebih ringan. Selain itu, ini membutuhkan lebih banyak ruang di kompartemen baterai.

Leave a Comment