Perkembangan Signifikan Bisnis Ekspedisi Di Masa Pandemi

Penyedia layanan logistik J & T Express mendapat manfaat dari pandemi COVID-19. Meski sempat dibatasi pada awal pandemi seiring dengan peningkatan transaksi e-commerce, jumlah pengiriman yang menggunakan jasanya juga meningkat hingga 40%.

“Untuk perkembangan bisnis logistik, terutama untuk J&T di hari-hari awal seperti akhir Maret memang ada sedikit perlambatan ya. Tapi setelah itu kalau kita lihat dari April sampai sekarang tumbuh cukup pesat dibanding tahun lalu. Dan kenaikannya sekitar 30-40%, ”kata Robin Lo, CEO Logistics J&T Express, dalam wawancara khusus , Jumat (25/9/2020).

BACA JUGA  Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp5.000, Ini Daftar Lengkapnya

Menurut Robin, faktor utama yang menyebabkan pengiriman melonjak tajam saat pandemi adalah perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat yang beralih dari belanja offline ke belanja online. Selain itu, ada dinamika perayaan Idul Fitri saat terjadi pandemi, yang juga berdampak pada transaksi e-commerce dan, nantinya, bisnis logistik.

“Padahal dari awal metode belanja offline sudah bergeser ke online karena masalah konsumsi. Dan karena April dan Mei memuncak menjelang lebaran. Kalaupun kita bilang tahun ini tidak ada libur panjang, sebenarnya itu kalau kenaikannya terus, ”jelasnya.

BACA JUGA  Manfaat Dan Keuntungan UU Cipta Kerja Bagi Indonesia

Peningkatan ini juga terjadi di negara lain. Mulai dari Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura hingga China. Kenaikan rata-rata tahun ini adalah 30-40%.
“Padahal lonjakan transaksi itu sama jika kita lihat kurang lebih sama dengan di Indonesia,” imbuhnya.

Leave a Comment