Amankan Ponsel Anda Dari Peretasan Dengan Cara Berikut Ini

Terkadang ponsel (smartphone) masih diretas. Yang terbaru adalah kasus akun WhatsApp diretas dalam mode curang dan meminta uang. Peretas mencoba mengakses akun WhatsApp korban dan melakukan trik untuk mendapatkan kode OTP (One-Time Password) yang dikirim oleh WhatsApp melalui SMS.

Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian yang perlu diantisipasi. Pasalnya, smartphone berisi banyak sekali data penting.
Selain itu, beberapa peristiwa lain dapat terjadi dengan perangkat Anda. Seperti ponsel yang hilang atau dicuri. Bahkan ada kemungkinan meretas situs web yang dikunjungi.

BACA JUGA  Spesifkasi Xiaomi Mi 10T Yang Akan Meluncur Malam Ini Di Indonesia

Untuk mencegah hal ini terjadi, tindakan proaktif harus diambil. Di bawah ini, ada tips bagaimana cara menjaga perangkat Anda seaman mungkin, seperti dilansir Digital Unite, Minggu (27/9/2020).

1. Gunakan kunci kartu SIM

Kunci layar sangat membantu, tetapi tidak mencegah siapa pun untuk mengeluarkan kartu SIM dari telepon dan menggunakannya di perangkat lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, atur kunci kartu SIM berupa nomor PIN yang harus dimasukkan saat telepon dihidupkan agar dapat terhubung ke jaringan.

BACA JUGA  Fakta Jelang Pertandingan Big Match Antara Chelsea VS Liverpool

2. Gunakan kunci layar

Banyak telepon baru menawarkan kunci pola, bentuk, atau pola yang dipersonalisasi yang digambar di layar untuk memungkinkan akses. Pastikan layar dibersihkan secara teratur. Terkadang jika ponsel Anda dicuri atau hilang, sidik jari dapat ditampilkan dan diambil di layar.

Anda juga dapat mengunci layar dengan kode PIN. Kata sandi atau PIN mungkin sulit dibobol, tetapi mudah diingat.

Anda dapat menggunakan pelacakan jarak jauh jika ponsel Anda hilang. Di Android disebut “Temukan Perangkat Saya” dan di Apple iPhone disebut “Temukan iPhone saya”. Dari sini Anda dapat membisukan ponsel dari jarak jauh jika diperlukan.

BACA JUGA  Infinix Raih Predikat Penjualan Ponsel Terlaris di Harbolnas 11.11 Lazada

3. Perlindungan nirkabel

Selalu matikan koneksi nirkabel saat Anda tidak menggunakannya. Ini memastikan bahwa orang tidak dapat terhubung ke perangkat tanpa sepengetahuan Anda. Anda juga harus memeriksa pengaturan keamanan jaringan ponsel Anda karena mereka mungkin dikonfigurasi untuk secara otomatis terhubung ke jaringan ketika mereka berada dalam jangkauan tanpa Anda sadari.

Pastikan router WiFi yang Anda akses di rumah dilindungi dengan kode sandi. Saat menggunakan hotspot, hati-hati terhadap koneksi jahat peretas yang mirip dengan hotspot perusahaan besar yang sah.

BACA JUGA  Bayaran Tyson dan Jones Lebih Besar dari Khabib Nurmagomedov

4. Lindungi data sensitif

Meskipun entri PIN dan kunci kata sandi sangat membantu, ponsel cerdas adalah komputer mini yang efektif dengan penyimpanan yang mudah dilepas. Terlalu mudah untuk mendapatkan data hanya dengan menghubungkannya ke komputer atau mengeluarkan kartu microSD.

Sangat penting untuk melindungi data sensitif yang disimpan di memori internal. Tersedia perangkat lunak yang dapat mengenkripsi file atau folder sehingga kode harus dimasukkan sebelum file dapat dilihat atau disalin.

Sebagian besar perangkat lunak ini gratis untuk diunduh dan digunakan dan dapat bekerja secara efektif dengan telepon Anda untuk memberikan perlindungan otomatis. Salah satu contoh dari perangkat lunak tersebut adalah AutoKrypt. Namun, belanjalah untuk menemukan solusi yang tepat untuk penyiapan Anda.

BACA JUGA  Spesifikasi Nokia 8V 5G UW, Ponsel Imut dengan Koneksi Cepat

Selalu cadangkan data Anda. Untuk iPhone, Anda perlu mem-backup data ke iCloud. Anda juga dapat menyimpan data ke Dropbox atau OneDrive.

Leave a Comment